Update Progres, Tol Manado Bitung Seksi IIA Selesai 80 Persen

22/03/2019

Highway

Manado – Pengerjaan fisik proyek ruas jalan tol Manado-Bitung Seksi IIA, Sulawesi Utama saat ini sudah mencapai 80%, hal ini seperti yang disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung, George Manurung yang menyampaikan perkiraan selesai ruas tol ini adalah bulan April nanti.

“Total panjang ruas jalan seksi IIA ini mencapai 11,5 km, untuk saat ini kita memang terus memacu pengerjaan fisik baik di seksi IIA dan IIB. Salah satu kendala pembangunan fisik di seksi IIB adalah lahan yang dibebaskan masih spot-spot tertentu, belum keseluruhan,” Jelas George

Meskipun terdapat kendala pada pembebasan lahan di seksi IIB itu, namun pengerjaan di lahan yang sudah bebas terus dilakukan, sambil menunggu pembebasan di lahan yang masih terkendala. Saat ini di seksi IIA sudah dibebaskan lahan seluas 1.109.299 meter persegi atau sudah mencapai 99,61% dan untuk seksi IIB sudah dibebaskan seluas 896.936 meter persegi atau 83,24%

"Pembebasan lahan seksi IIA diperkirakan selesai pada April bulan depan, sementara seksi IIB pada tengah semester atau bulan Juni," ujarnya.

Pembebasan lahan saat ini sementara berproses dan masyarakat telah menyetujui, namun tinggal menunggu menyelesaikan dokumen administrasi pendukung.

"Progres fisik di seksi IIB sangat bergantung dari proses pembebasan lahan, kita berharap secepatnya itu bisa dituntaskan untuk mengejar target penyelesaian ruas tol seksi II yang ditangani badan usaha jalan tol," katanya.