Jalan Akses Labuan Bajo – Golo Mori Senilai Rp. 481 Miliar Diresmikan, Waktu Tempuh Jadi 30 Menit

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Akses Labuan Bajo menuju Golo Mori yang berada di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa, 14 Maret 2023.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan jalan Labuan Bajo ke Golo Mori,” kata Jokowi dalam video peresmian Jalan Labuan Bajo-Golo Mori yang ditayangkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa, 14 Maret 2023.

Dok. BPMI Setpres

Peresmian ini ditandai secara simbolis melalui penandatanganan prasasti yang dilaksanakan oleh Presiden Jokowi di jalan tersebut tepatnya di KM 16.

Sumber : Youtube Sekretariat Presiden
Sumber : Youtube Sekretariat Presiden

Kehadiran jalan akses tersebut diharapkan dapat memperbaiki konektivitas dalam rangka mendorong pengembangan Labuan Bajo sebagai salah satu Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.

Mengutip siaran persnya dalam laman resmi Presiden Republik Indonesia, Jokowi menyebut bahwa jalan akses yang menghubungkan Labuan Bajo menuju Golo Mori tersebut tak hanya dapat mendukung pengembangan Labuan Bajo, tetapi juga dipercaya dapat mendukung perkembangan kawasan di sekitarnya.    

Jalan akses sepanjang 25 kilometer yang dibangun sejak April 2022 ini dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (WIKA) sebagai kontraktor pelaksana dan PT Yodya Karya sebagai konsultan manajemen konstruksi dengan menghabiskan anggaran APBN sebesar Rp481 miliar.

Adapun pembangunan jalan akses ini terbagi menjadi 5 segmen yaitu Labuan Bajo – Simpang Nalis sepanjang 6,15 kilometer, Simpang Nalis – Simpang Kenari sepanjang 6,50 kilometer, Simpang Kenari – Warloka sepanjang 5,10 kilometer, Warloka – Tanamori sepanjang 4,25 kilometer, dan peningkatan jalan menuju Desa Golo Mori sepanjang 3 kilometer.

Dalam keterangan terpisah, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X NTT Agustinus Junianto menjelaskan bahwa di sepanjang jalan akses tersebut juga dibangun 4 jembatan dengan total panjang mencapai 175 meter yang terdiri dari Jembatan Naganae sepanjang 60 meter, Jembatan Wae Mburak sepanjang 35 meter, Jembatan Wae Kenari sepanjang 40 meter, dan Jembatan Soknar sepanjang 40 meter.

Keberadaan Jalan Akses Labuan Bajo – Golo Mori dinilai dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Labuan Bajo menuju Golo Mori menjadi hanya sekitar 30 menit dari yang sebelumnya membutuhkan waktu kurang lebih dua sampai tiga jam perjalanan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat, dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.