Segmen Sragen-Ngawi diresmikan, Jalan Tol Solo-Ngawi Siap Beroperasi

28/11/2018

Highway

Sragen – Proyek Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen III Sragen-Ngawi telah diresmikan pada pagi hari ini (Rabu,28/11/2018). Peresmian dilakukan di KM 538 Jalan Tol Solo-Ngawi, Ngrampal, Sragen oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Direktorat Jenderal Bina Marga Sugiyartanto, serta Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan jalan tol Ngawi-Sragen," kata Presiden Jokowi bersamaan dengan menekan tombol sirine tanda peresmian ruas tol Sragen-Ngawi.

Presiden Jokowi turut menyampaikan penyelesaian Tol Jakarta-Surabaya keseluruhannya akan selesai pada bulan Desember 2018.

"Tadi saya tanyakan ke Menteri BUMN dan Dirjen beliau-beliau menyampaikan selesai Pak pertengahan Desember atau akhir Desember selesai semua. Bapak tinggal cari waktu meresmikannya kapan. Artinya sudah rampung kalau berani ngomong seperti itu," jelasnya.

Jalan Tol Solo-Ngawi yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa dan tergabung dalam Proyek Strategis Nasonal (PSN) memiliki panjang keseluruhan 90,43 km dengan tiga tahapan pengoperasian. Segmen I Ngawi-Klitik yang telah beroperasi sejak 30 Maret 2018, Segmen II Kartasura-Sragen yang sudah diresmikan pada 15 Juli 2018, dan Segmen III Sragen-Ngawi sepanjang 51 km yang telah diresmikan hari ini.

Penggunaan Segmen III Sragen-Ngawi akan digratiskan selama satu minggu terhitung dari hari Rabu, 28 November 2018 pukul 21.00 WIB. Setelahnya besaran tarif yang berlaku sebesar Rp 1.000 per kilometer untuk golongan I, Rp 1.500 untuk golongan II dan III, dan Rp 2.000 untuk kendaraan golongan IV dan V. Penetapa tarif tersebut sesuai Keputusan Menteri PUPR Nomor: 897/KPTS/M/2018 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi.

Pengoperasian ruas tol yang dikelola oleh PT. Jasamarga Solo Ngawi (JSN) ini diperkirakan dapat mempersingkat waktu tempuh hingga 50%, dan pengoperasian keseluruhan Tol Solo-Ngawi akan menjalankan roda perekonomian serta meningkatkan konektivitas beberapa daerah terutama Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur.