Mulai Hari Ini, LRT Palembang Tambahkan Jam Operasional

Palembang – Hasil kaji ulang jam operasional Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan akan berlaku mulai hari ini, Kamis (29/11/2018). LRT yang sebelumnya beroperasi dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB, akan memberikan masyarakat kesempatan waktu yang lebih panjang dengan menambahkan jam operasionalnya menjadi pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

"Sebagai komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, terhitung dari hari ini waktu operasional LRT ditambah. Mulai pukul 05.00 sampai 22.00 WIB," ucap Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryani.

Aida turut menjelaskan penambahan jam operasional ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan LRT sehingga terjadi peningkatan jumlah penumpang LRT. Sejak dioperasikan tanggal 23 Juli 2018, tercatat sudah 729.029 penumpang yang menggunakan LRT sebagai sarana transportasi. Ia menambahkan untuk efektifitas dan mendukung program pemerintah dalam Gerakan Nasional Non Tunai / Cashless, penggunaan Kartu Uang Elektronik (KUE) dalam sistem pembayaran tiket LRT akan diwajibkan mulai dari 1 Desember 2018.

“Manfaat penggunaan Uang Elektronik selain untuk efektifitas juga lebih aman dan praktis, dapat menekan biaya pengelolaan uang rupiah serta lebih meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian,” jelas Aida.

Saat ini Kartu Uang Elektronik (KUE) yang dapat digunakan berasal dari 5 Bank, yakni BNI, Mandiri, BCA, dan Bank Sumsel Babel yang dapat diperolej di stasiun LRT, Bank Penerbit, dan retail tertentu. Bertambahnya perjalanan kereta menjadi 58 dalam sehari mulai dari stasiun DJKA di Jakabaring hingga stasiun akhir yang terdapat di Bandara SMB II Palembang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal

LRT Palembang saat ini memiliki total 7 kereta dengan rincian 5 kereta atau 15 gerbong akan beroperasi dengan jam operasional terbaru, sedangkan untuk 2 kereta lainnya berada di Depo Jabaring sebagai cadangan.