Ruas Tol di Lampung senilai Rp 16 Triliun Selesai Akhir Tahun 2018

26/11/2018

Highway

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan konstruksi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar akan selesai pada Desember 2018 ketika meninjau salah satu seksi dari ruas tol ini yaitu Seksi 3: Kota Baru-Metro, Lampung, pada hari Jumat (23/11/2018). Presiden Jokowi juga menargetkan ruas tol tersebut akan tersambung dengan kota Palembang pada pertengahan 2019.

"Kita harapkan, kalau yang ini (Bakauheni-Terbanggi Besar) akan diselesaikan Desember ini, kemudian yang sampai Palembang akan kita selesaikan nanti pertengahan tahun 2019," kata Presiden, dikutip dari siaran resmi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono yang turut mendampingi presiden menjelaskan pengerjaan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 148 km ini memiliki total investasi sebesar Rp 16,7 triliun. Dimana pengerjaannya terbagi menjadi empat seksi dengan progres mencapai 95,81% secara keseluruhan. Seksi pertama yaitu ruas Bakauheni-Sidomulyo yang sudah dioperasikan saat mudik lebaran 2018 dengan 39,4 km. Ketiga seksi lainnya masih tahap pembangunan dengan rincian progres, Seksi 2: Sidomulyo-Kotabaru sudah mencapai 99,84% sepanjang 40,6 km, Seksi 3: Kotabaru-Metro sudah mencapai 88,24% dengan Panjang 29 km, dan seksi terakhir yaitu Metro-Terbanggi Besar sepanjang 31,93 dan progres proyek sudah 100%.

Presiden Jokowi berharap pembangunan jalan tol ini dapat memperbaiki integrasi titik-titik pertumbuhan ekonomi sehingga daya saing menjadi lebih baik. Jokowi yang turut mencoba ruas tol ini juga mengatakan bahwa kualitas pembangunan jalan Tol Bakauheni-Palembang baik dan masih menyisakan lahan yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Presiden Jokowi juga mengharapkan keseluruhan Trans Sumatera mulai dari Bakauheni hingga Aceh akan tersambung pada tahun 2024.

Selain didampingi Menteri Basuki, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Sekretaris Kabinet (Seskan) Pramono Anung pada kunjungan kerja kali ini.

Sumber: detik.com