Pertama di Indonesia, Inovasi ‘Nyanyian’ Kurangi Kecelakaan di Jalan Tol

30/12/2019

Highway

Jakarta – Berbagai inovasi bidang infrastruktur jalan terus mengalami pengembangan, hal tersebut tidak terkecuali untuk sektor keselamatan di jalan raya ataupun jalan tol. Dalam mengurangi angka kecelakaan yang kerap terjadi di ruas jalan tol berbagai inovasi dan teknologi terus ditingkatkan oleh pengelola jalan tol serta pemerintah, salah satu contohnya adalah inovasi jalan tol bernyanyi di ruas Tol Ngawi-Kertosono.

Inovasi ini terbilang unik, hal tersebut dikarenakan jalan tol ini akan memperdengarkan nada lagu Happy Birthday jika kendaraan mengalami peningkatan kecepatan. Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), Dwi Winarsa menyampaikan jalan dengan total panjang 87 km ini menerapkan inovasi singing road atau jalan bernada yang akan mengurangi kemungkinan kecelakaan dikarenakan pengemudi yang kurang fokus maupun mengantuk.

"Pada dasarnya terkait singing road ini, dibangun untuk mengurangi adanya kemungkinan kecelakaan lalu lintas dikarenakan pengendara yang tidak fokus, bisa karena mengantuk ataupun hal lainnya,"jelas Dwi, dikutip dari detik.com

Inovasi yang baru diterapkan pertama kali nya di Indonesia ini telah ditempatkan pada 6 titik nada singing road yang berada di jalur cepat KM 644+200 dan bunyi yang dihasilkan dari tangga nada adalah lagi happy birthday.

"Singing road ini merupakan marka jalan berupa rumble strip (Pita Penggaduh) yang dipasang di lajur jalan tol tepatnya di Km 644+200 B (arah Surabaya-Solo) yang jika dilewati kendaraan dengan kecepatan 80-100 Km/jam akan menimbulkan bunyi atau nada. Nada lagu yang dipilih adalah happy birthday, sengaja dipilih karena sudah familiar didengar di telinga masyarakat,”tambah Dwi

Untuk mengantisipasi efek kaget pengendara dikarenakan singing road yang justru akan membahayakan keselamatan, Dwi menyampaikan pihaknya telah menyiapkan rambu pemberitahuan di dekat pita penggaduh yang telah dipasang.

"Untuk masalah kaget, sebenarnya sudah diantisipasi dengan rambu pemberitahuan sebelum lokasi singing road ini berada,"kata Dwi

Berdasarkan data dari PT Jasamarga JNK, pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) ini, ruas Tol Ngawi-Kertosono ini telah dilalui oleh 20 ribu kendaraan. Diperkirakan total kendaraan yang akan melintasi ruas tol ini akan terus meningkat hingga 6% dari arus kendaraan normal selama libur Nataru, serta diharapkan dengan adanya inovasi singing road ini dapat membantu mengurangi tingkat kecelakaan di jalan tol.

Sumber: sispro.co.id