Permudah Logistik Saat Pandemi COVID-19, Kementerian PUPR Rekonstruksi Jalan Nasional Jawa Timur

21/04/2020

PUPR Agenda

Jakarta - Pemerintah tengah mempermudah jalur logistik baik bahan pangan maupun alat medis dengan preservasi berupa pemeliharaan rutin, merekonstruksi jalan nasional Jawa Timur dan pelebaran jalan menuju standar bersamaan dengan fokusnya pemerintah terkait penanganan pandemik COVID-19. 

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga membangun dan melakukan pemeliharaan jalan lingkar Brebes - Tegal di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini bertujuan untuk memangkas biaya logistik agar daya saing produk Indonesia meningkat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga menjalankan program preservasi ini.

Tahun Anggaran 2020, pada Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur sepanjang 307 km telah dilakukan preservasi jalan di jalan nasional tersebut. 

Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa dengan adanya peningkatan aksesibilitas infrastruktur jalan akan menunjang perkonomian masyarakat.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar,” ujar Menteri Basuki.

Preservasi jalan nasional yang dilakukan di Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Jombang dilakukan dalam tiga paket pekerjaan yakni Paket Preservasi Jalan Kertosono - Kediri - Tulungagung - BTS. Kab Trenggalek sepanjang 101,28 km dan 1.169 meter senilai RP 42,5 miliar.

Lalu, paket Preservasi Jalan Ngawi - Caruban - BTS Kab Nganjuk - Kertosono sepanjang 99,29 km dan 1.199,20 meter senilai Rp 94,7 miliar dan Paket Preservasi Jalan Kertosono - Jombang - Mojokerto - Gempol sepanjang 102,9 km dan 1.449,5 meter senilai Rp 94,3 miliar.

Selain preservasi jalan nasional, terdapat usulan untuk membangun flyover. Adapun Flyover yang diusulkan, yakni Flyover Mengkreng senilai Rp 180 miliar yang terletak di pertigaan Mengkreng Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Fly over ini berguna untuk mempertemukan 3 wilayah antara Kertosono (Nganjuk), Purwoasri (Kediri) dan Jombang yang biasanya terjadi kemacetan lalu lintas.

Sumber: sispro.co.id