3 Ruas Baru Tol Trans-Sumatera Ditargetkan Operasi Pada Tahun 2020

21/04/2020

Highway

Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) menargetkan tiga ruas jalan tol di Trans-Sumatera beroperasi pada tahun 2020. 

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pernah mengungkapkan bahwa harapannya Tol Pekanbaru-Dumai dapat selesai konstruksinya pada April 2020 sehingga dapat mendukung kelancaran lalu lintas saat mudik Lebaran 2020.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan menjelaskan, sesuai amanah Kementerian PUPR, Hutama Karya menargetkan tiga ruas tol yang akan dioperasikan tahun ini. 

Adapun ketiga ruas tol yang ditargetkan oleh Hutama Karya beroperasi tahun ini, yakni Pekanbaru - Dumai Seksi 1 - 6 sepanjang 131 kilometer, Sigli - Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri - Blang Bintang) sepanjang 13,5 kilometer dan Medan - Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia - Helvetia) sepanjang 6 kilometer.

"Sejauh ini, pembangunan proyek di tiap-tiap ruas tersebut masih sesuai dengan kontrak konstruksi dan tidak ada revisi atau penambahan waktu pengerjaan," ujarnya, Kamis (16/4/2020).

Fauzan mengatakan bahwa HK terus melakukan kordinasi dan sinergi kepada pihak-pihak yang berkaitan di daerah setempat. Hal ini untuk tetap dilakukan penyelesaian pembangunan sehingga tepat sesuai waktu yang direncanakan awal.

"Strategi Hutama Karya untuk konstruksi proyek yang masih berjalan saat pandemi Covid-19 adalah dengan mengimplementasikan penerapan prosedur dan protokol kesehatan yang cukup ketat," tuturnya.

Beberapa protokol kesehatan yang diterapkan, diantaranya adalah Penyemprotan di area kantor proyek secara rutin, Pengecekan suhu tubuh, dan Penyediaan hand sanitizer hingga pemberian vitamin kepada para pekerja

"Semua hal tersebut juga dimonitor secara harian oleh tim QHSE pada tiap-tiap proyek plus dimonitor oleh manajemen Hutama Karya di kantor pusat," ucapnya

Sumber: sispro.co.id