Percepat Pembangunan Bandara, PT. BIJB Gandeng PLN

30/03/2017

Tidak berkategori

Jakarta - Untuk mempercepat pembangunan dan pengembangan kawasan Bandara Internasional Jawa Barat, PT PLN dengan PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) melaksanakan Penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) dengan kapasitas 15 Mega watt. Penandatanganan dilakukan di Hotel Papandayan Bandung, Kamis, 30 Maret 2017.

Virda Dimas Ekaputra selaku Direktur Utama PT BIJB mengatakan, melalui penandatanganan SPBTL ini, diharapkan proses penyambungan tenaga listrik yang akan menopang perkembangan Bandara Kertajati di wilayah Majalengka Jawa Barat dapat lebih cepat terlaksana.

Untuk mempersiapkan penyaluran tenaga listrik dengan kapasitas tersebut, PT BIJB dan PT PLN telah melakukan pembahasan sejak tahun 2015 untuk menjamin kesiapan pasokan sekaligus membuat perkiraan pertumbuhan pemakaian tenaga listrik di wilayah Bandara Kertajati.

"Kerjasama yang dilakukan dengan PT PLN Persero Distribusi Jawa Barat Area Sumedang merupakan langkah yang strategis untuk tercapainya target berjalan lancar dan secara operasi Bandara Kertajati. Kita sama-sama berharap bahwa kerjasama ini akan berkesinambungan bersama-sama membangun dan mengakselerasi pengembangan Bandara" tutur Virda dalam rilisnya.

Pengembangan Bandara Kertajati di wilayah Jawa Barat ini bagi PLN merupakan suatu potensi sekaligus peluang untuk menunjang pertumbuhan perekonomian dan memacu perkembangan kawasan industri baru di wilayah Sumedang, Majalengka, Subang serta wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Virda mengharapkan, setelah Penandatanganan SPJBTL ini, proses penyambungan tenaga listrik dapat dilakukan setelah pembangunan gardu induk, penarikan jaringan dan proses lainnya untuk mengakselerasi pengembangan Bandara Kertajati Majalengka.

"kami sangat mengapresiasi kerjasama yang sangat baik antara PLN dan PT BUB selama ini, mengingat listrik merupakan salah satu komponen investasi yang sangat penting, semoga kedepan dapat terus terplihara dengan baik." ujar Virda.

Manajer PLN Area Sumedang Ririn Rachmawardini yang mewakili PT PLN (Persero) dalam perjanjian tersebut mengungkapkan kesiapan pihaknya untuk mendukung pengembangan kawasan BlJB,

"Kami siap memberikan pelayanan terbaik mengingat kebutuhan listrik bagi wilayah yang potensial seperti ini, menjadi sesuatu yang sangat menentukan, ujar dia.

Dalam menunjang pembangunan sistem kelistrikan di Bandarudara nternasional Jawa Barat PLN berinvestasi dalam bentuk sarana dan prasarana kelistrikan, salah satunya penarikan jaringan untuk 3 (tiga) feeder kabel dari GI Cikedung, Indramayu, sejauh 37 KM. Pembangunan Gardu Induk Kadipaten Baru yang sekarang sudah mencapai progres 49% dan ditargetkan selesai di bulan Oktober 2017 akan dipriorita untuk bisa segera menambah pasokan kelistrikan di kawasan Bandarudara Internasional Jawa Barat.

"Kami upayakan keandalan listrik bagi Bandara dan wilayah sekitarnya akan terjaga dengan baik, harapan infrastruktur kelistrikan di wilayah ini dapat menunjang pengembangan kita juga pengembangan inv industri baru di wilayah Jawa Barat bagian timur" ujar Ririn.***