Pemkot Bandung Siapkan Tim Ahli Desain Pembangunan

30/03/2017

Tidak berkategori

Jakarta - Pemkot Bandung menyiapkan tim tenaga ahli desain pembangunan. Hal itu dilakukan agar pembangunan di Kota Bandung tidak asal-asalan.

Menurut Kabag Program Design Kualitas Pembangunan Setda Kota Bandung Rizki Kusrulyadi, saat ini tenaga ahli desain tersebut sudah siap, hanya tinggal menunggu diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Kami berharap minggu pertama April ini Perwal (peraturan wali kota), bisa selesai. Jadi di desain bisa segera disingkronisasikan," ujar Rizki kepada wartawan, dalam Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (30/3/2017).

Rizki mengungkapkan, tim ahli desain tersebut terdiri dari tujuh orang dengan beragam keahlian. Di antaranya, arsitek, desain grafis, desain produk, teknik sipil, desain interior dan lainnya

"Tim ini urgent dibentuk agar pembangunan setiap infrastruktur yang menggunakan dana APBD tidak asal-asalan," ucapnya.

Misalnya, nanti tim ini akan membantu untuk meninjau ulang desain. Artinya, lanjut Rizki, desain yang dibuat harus seuai aturan dan standar.

"Misalnya, saat membangun infrastruktur, taman, trotoar semua harus mengacu pada standar yang ditetapkan tim. Ini memang tugas kami yang paling baru, yakni menyelenggarakan desain pembangunan," katanya. 

Namun begitu, lanjut Rizki, tim ini tidak secara langsung terjun di dinas-dinas. Tim desain ini hanya mengawal aspek desain dan progresnya.

"Jangan sampai pembangunan melewati batas waktu yang ditentukan. Harus tepat waktu dan sasaran. Nanti tim ini mengawasi," terangnya.

Sumber: news.detik.com