Pemerintah Bakal Resmikan 10 Ruas Tol Baru Dan Siap Bangun 12 Tol Lainnya

08/12/2020

Highway

Jakarta – Pemerintah telah merencanakan untuk melakukan peresmian pada 10 ruas tol baru yang telah dibangun. Hal tersebut sebagaimana seperti yang disampaikan oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetipo, adapun kesepuluh ruas tersebut meliputi,

Ruas Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin-Kayu Manis) sepanjang 3 km, Krian - Legundi - Bunder - Manyar Seksi 1, 2, dan 3 (Krian - Bunder) sepanjang 29 km, Cinere - Serpong Seksi 1 (SS Serpong - SS Pamulang) sepanjang 6,5 km, Cengkareng-Kunciran sepanjang 14,19 km, Cibitung-Cilincing Seksi 1 (cibitung-Gabus Indah) sepanjang 13,52 km.

Kemudian Bekasi-Cawang Kampung Melayu Seksi 1A (Koneksi Toll to Toll Wiyoto Wiyono + On Ramp Pasar Gembrong) & 2A(Jaka Sampurna - Kayuringin) sepanjang 5,71 km, Kayu Agung- Palembang- Betung Seksi 1B (Jakabaring-SS Kramasan) sepanjang 9 km, Medan-Binjai Seksi 1 (Jalan Veteran-Tanjung Mulia) sepanjang 3,52 km, Balikpapan-Samarinda Seksi 1 (KM 13-Samboja) sepanjang 22 km, dan juga Tol Layang A.P Pettarani Seksi 3 sepanjang 4,3 km.

Sementara itu, Pemerintah juga menargetkan akan kembali membangun 12 ruas tol baru pada tahun 2021 mendatang, ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko D Heripoerwanto.

Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian menyampaikan sebagian besar rencana jalan tol ini akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Ia juga menjelaskan alasan pemerintah getol membangun jalan tol adalah untuk mengerjar ketertinggalan konektivitas dengan target kecepatan perjalanan bisa mencapai 100 km per 1,5 jam.

"Sudah kami susun rencananya dan backbone jalan bebas hambatan ini yang sebagian besar akan dilakukan menggunakan KPBU jadi akan menjadi jalan tol. Jadi ini kami sampaikan rencana program jalan tol kita dalam rencana kami adalah 18,8 ribu kilometer,"jelas Hady

Adapun daftar proyek ruas tol yang akan segera digarap pada tahun 2021 nanti meliputi :

Kuartal I-2021:

  1. Tol Yogyakarta-Bawen
  2. Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap

 

Kuartal III-2021

  1. Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg
  2. Tol Bogor-Serpong via Parung
  3. Tol Semanan-Balaraja
  4. Tol Akses Patimban
  5. Tol Sentul Selatan-Karawang Barat
  6. Tol Semarang Harbour
  7. Tol Gilimanuk-Mengwi

 

Kuartal IV-2021:

 

  1. Tol Mamminasata
  2. Tol Cikunir-Karawaci
  3. Tol Cikunir-Ulujami.

 

Sumber: sispro.co.id