Beroperasi Sejak 2017, Akhirnya Bandara Depati Amir Diresmikan

Pangkalpinang – Kamis (14/3) kemarin pemerintah akhirnya meresmikan Bandar Udara Depati Amir di Kota Pangkalpinang. Bangka Belitung, peresmian bandara ini dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Sebelum diresmikan bandara ini sudah mulai beroperasi sejak 2017 lalu dengan kapasitas mencapai 1,5 juta penumpang per tahun membuat bandara Depati Amir ini digadang-gadang akan diproyeksikan sebagai Bandara Internasional.

"Bandara Depati Amir di Provinsi Bangka Belitung ini kalau kita lihat sudah sangat representatif untuk sekarang," kata Presiden Jokowi

Saat ini pemerintah masih berencana untuk mengembangkan terminal di bandara Depati Amir ini, rencana nya terminal baru akan dibangun di sisi selatan dengan menjadikan kapasitas bandara mencapai 3 juta penumpang per tahun nya.

"Pembangunan sisi selatan diharapkan insyaallah akan selesai di 2020 dengan penambahan kapasitas menjadi 3 juta penumpang. Saya juga sudah perintahkan untuk bangun terminal sisi utara sehingga total kapasitas yang ada menjadi 5 juta penumpang per tahun," jelas Joko Widodo.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa dengan adanya bandara ini, akan menjadi pintu masuk penumpang dan wisatawan yang akan berkunjung ke wilayah Pangkalpinang. Hal ini juga menjadi pertimbangan dengan nantinya dibangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Gunung dan Tanjung Kalayang yang akan menjadi daya tarik tersendiri.

“Karena kita harus mendahului pertumbuhan penumpang yang tumbuh sangat baik di Provinsi Bangka Belitung ini. Dan kita harapkan dengan siapnya sarana terminal di Bandara Depati Amir ini wisatawan akan semakin banyak, ditambah lagi, sekarang di sini ada KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Gunung, KEK Tanjung Kelayang, dan akan dibuka lagi yang lainnya sehingga akan ada pertumbuhan penumpang dan wisatawan. Selain penumpang, perekonomian juga tumbuh dengan pesat yang merupakan dampak dari pariwisata," tambah Jokowi.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa terminal baru Bandara Depati Amir ini sudah beroperasi sejak 2017 dan telah melayani masyarakat Kepulauan Bangka Belitung dengan standar pelayanan tinggi.

"Kami berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah meresmikan Bandara Depati Amir. Tentu saja peresmian ini menjadi penyemangat bagi AP II agar pelayanan dapat tetap terjaga, bahkan ditingkatkan," ujar Muhammad Awaluddin