Kabar Baik, Tol Lubuk Linggau – Bengkulu Segera Terealisasi

14/03/2019

Highway

Jakarta – Pembangunan infrastruktur di Indonesia masih terus berlanjut, tidak hanya infrastruktur yang ada di Pulau Jawa namum telah merata ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah dengan membangun jalan tol yang menjadi penghubung berberapa daerah, kali ini pemerintah telah memastikan untuk melakukan pembangunan jalan tol di Provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit yang menyampaikan ruas tol yang akan dibangun ini merupakan bagian dari proyek penghubung antar daerah Trans Sumatera. Hingga saat ini Kementerian PUPR telah menyiapkan proses penandatanganan konsesi proyek ini secara maraton.

“Yang mau kita kejar dalam waktu dekat penandatanganan kontrak konsesi, itu untuk Bengkulu-Lubuk Linggau," kata Danang

Kemudian untuk proses penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) akan dilakukan pada bulan ini sebagai tindak lanjut dari penentuan rute yang akan dilewati.

"Maret ini (penandatanganan PPJT), penloknya sudah. Secara prinsip (persiapan pembangunan) sudah selesai, Kan ada 3 segmen (ruas tol), sebenarnya seluruh segmen bisa kita tandatangani PPJT-nya, tapi yang minta didahulukan Lubuk Linggau-Bengkulu," tutur Danang

Selain ruas tol Lubuk Linggau-Bengkulu ini, Danang juga menyampaikan masih akan ada 4 ruas tol Trans Sumatera yang akan beroperasi pada tahun 2019. Keempat ruas tol tersebut adalah ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dengan panjang 34 km, lalu ada ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sejauh 189 km.

Kemudian ada ruas Tol Medan-Binjai segmen Jl. Veteran-Tj. Mulia sejauh 3 km, serta yang terakhir adalah ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 33 km dengan target operasi akhir tahun 2019 nanti.