4 Ruas Tol Ini Siap Jadi Kado HUT Ke-75 Republik Indonesia

29/07/2020

Highway

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelaskan telah memasang target untuk segera mengoperasikan empat ruas tol baru sebelum tanggal 17 Agustus 2020. Hal tersebut sebagaimana seperti yang disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaya, ia juga menyebutkan salah satu ruas tol yang akan beroperasi merupakan ruas tol Manado-Bitung yang peresmiannya sempat tertunda.

"Sebelum 17 Agustus tahun ini akan diresmikan bebebapa tol, pertama tol Manado—Bitung yang sempat ditunda kemarin. Itu di seksi 2A yaitu dari Manado ke Kauditan sepanjang 21,5 kilometer,"jelas Endra

Endra menjelaskan sebelumnya memang telah diinformasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan peresmian tol Manado-Bitung pada Rabu (22/7) lalu, namun hal tersebut ditunda dikarenakan Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Luwu Utara untuk melihat kondisi korban yang terkena bencana banjir bandang.

Kemudian untuk ketiga ruas lainnya yang juga akan diresmikan dalam waktu dekat ini adalah Tol Sigli-Banda Aceh, Tol Pekanbaru-Dumai, serta Tol Kayu Agung-Palembang. Total empat ruas tol ini akan menjadi kado untuk HUT ke-75 Republik Indonesia.

Endra menjelaskan untuk tol Sigli-Banda Aceh yang siap beroperasi merupakan seksi Blang Bintang menuju ke Indrapura dengan total panjang 15 km dan menjadi bagian yang menghubungkan langsung ke bandara Sultan Iskandar Muda Aceh.

"Untuk ruas tol Sigli—Banda Aceh ini yang sudah siap diresmikan adalah seksi Blang Bintang—Indrapuri sepanjang 15 kilometer dan ini langsung terhubung ke bandara Sultan Iskandar Muda Aceh,"kata Endra

Sementara untuk tol Pekanbaru-Dumai sendiri akan diresmikan enam seksi dengan total panjang 131 km. Namun Endra menjelaskan untuk tol Pekanbaru-Dumai ini memang masih belum memiliki Surat Keputusan dari Menteri PUPR dikarenakan masih adanya perbaikan di salah satu titik ruas tol yang sempat terjadi longsor.

"Tol Pekanbaru—Dumai ini belum ada SK-nya karena masih perbaikan di satu bagian saja yang belum selesai kemarin karena longsor. Saya lupa di kilometer berapa mungkin 74 atau 78 dari Pekanbaru,"tambahnya

Sedangkan untuk ruas tol Kayu Agung-Palembang sendiri merupakan pengoperasian lanjutan dari seksi yang saat ini telah dibuka, dari total panjang 42 km hanya tersisa 9 km yang rencananya siap dibuka.

"Nanti rencananya diresmikan sekaligus oleh Presiden Joko Widodo, bila waktunya memadai."jelas Endra

Sumber: sispro.co.id