Tol Wilangan-Kertosono Beroperasi Fungsional Saat Mudik

21/03/2018

Jalan Tol

Kertosono – Pembangunan Tol Ngawi-Kertosono siap beroperasi pada saat musim mudik lebaran nanti, termasuk seksi Wilangan-Kertosono yang memiliki akan dioperasikan secara fungsional. Hal ini dikarenakan Tol Ngawi-Kertosono sudah mendapatkan dua sertifikat, yakni Sertifikat Laik Fungsi Jalan Tol serta Sertifikat Laik Operasi yang memungkinkan tol ini beroperasi segera.

“Itu aja yang kita pegang. Selama ini masih on schedule. Tidak ada yang berubah dari target. Target Operasional akhir 2018,” kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Endra Atmawidjaja.

Berdasarkan evaluasi serta observasi yang sebelumnya dilakukan oleh Tim Uji Laik telah ditetapkan bahwa Tol Ngawi-Kertosono Seksi Wilangan-Kertosono telah memenuhi persyaratan teknis sebagai jalan tol dan sebagai jalan yang terbuka bagi lalu lintas untuk umum.

Sementara itu, Direktur Utama dari PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ), Iwan Moedyarno menyampaikan bahwa Tol Ngawi-Wilangan ini sudah siap untuk dioperasikan namun pihaknya tinggal menunggu waktu untuk meresmikannya. Selain itu PT NKJ saat ini sedang menyiapkan pembangunan satu lajur jalan tambahan untuk akses masuk pintu gerbang tol.

“Kemarin selesainya (pembebasan). Baru dua minggu atau tiga minggu, selain itu setelah keluarnya Sertifikat Laik Operasi, BPJT mengusulkan kepada Kementerian PUPR untuk menerbitkan Surat Keputusan Menteri tentang Penerapan Tarif di ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono. Perhitungan besaran nilai tarif tol akan mempertimbangkan nilai investasi, kemampuan bayar pengguna jalan, serta besaran keuntungan biaya operasional kendaraan,” jelas Iwan.