Kunjungan Jokowi ke AS, Hasilkan Kerja Sama Asing Untuk Kembangkan IKN! Ada Cisco hingga Microsoft !

Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo telah melakukan kunjungan ke Amerika Serikat untuk hadiri KTT APEC dan agenda-agenda lainnya. Salah satu hasil yang dicapai dari kunjungan tersebut ialah adanya kerja sama asing baru dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Yakni beberapa perusahaan besar teknologi yang ada di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Adapun kerja sama ini akan sejalan dengan konsep pengembangan IKN sebagai kota pintar atau smart city. Perusahaan-perusaahan teknologi asal Amerika Serikat yang telah sepakati kerja sama dengan Otorita IKN dalam kesempatan ini sendiri ialah Cisco, Autodesk, ESRI, dan Microsoft. Kesepakatan ini dilakukan di California, Amerika Serikat pada 14 November 2023.

Melansir youtube Top Konstruksi, Berikut detail kerja samanya. Pertama, Cisco. Dikatakan bahwa perusahaan akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan. Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini akan bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota. Kerja sama dengan Cisco ini diharapkan dapat menjadikan gedung-gedung di IKN nantinya punya sistem digital dari sisi pengolahan data dan keamanan terpadu. Cisco sendiri merupakan perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan layanan solusi teknologi.

Selanjutnya, ada Autodesk. Autodesk membantu OIKN dalam merancang kota yang layak huni. Autodesk sendiri memproduksi berbagai perangkat lunak dan menyediakan layanan solusi digital seperti perancangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek infrastruktur. Untuk itu kerja sama dengan Autodesk diharapkan akan membantu peningkatan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan infrastruktur yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

Kemudian, dengan ESRI. ESRI akan membantu IKN mengembangkan teknologi analitik berbasis spasial. Perusahaan ini merupakan perusahaan perangkat lunak berbasis sistem informasi geospasial. Pemanfaatan data dan informasi geospasial dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar,dan biodiversitas, memitigasi risiko bencana, dan lain sebagainya.Teknologi ESRI nanti dimanfaatkan IKN untuk pemetaan, pemantauan, penginderaan jauh, dan pengelolaan data spasial.

Terakhir, dengan Microsoft. Microsoft memberi dukungan teknologi energi baru terbarukan, sistem kendaraan listrik dan kendaraan otonom kepada IKN. Microsoft sendiri merupakan perusahaan sistem operasi dan perangkat lunak komputer terbesar di dunia. Termasuk Windows, produk-produk Microsoft ialah mulai dari tablet Microsoft Surface, konsol game hingga telepon genggam.

Kerja sama kerja sama dengan perusahaan pengembang teknologi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan teknologi digital di IKN yang akan dibangun sebagai smart city.