Tol Salatiga – Ngawi Gratis Untuk Mudik 2018

23/05/2018

Jalan Tol

Boyolali – Pembangunan Tol Salatiga – Ngawi saat ini masih dalam progres penyelesaian, namun dipastikan ruas tol ini dapat digunakan pada saat mudik Lebaran 2018 nanti. Beberapa seksi pada jalan Tol Salatiga – Ngawi ini sudah operasional namun juga masih terdapat ruas fungsional yang akan digunakan nanti pada saat mudik lebaran.

PT Jasa Marga Solo Ngawi selaku operator jalan Tol Salatiga – Ngawi menjelaskan bahwa ruas tol ini siap dilalui pada arus mudik dan balik Lebaran, yakni sejak tanggal 8 Juni sampai 24 Juni nanti. Seperti yang dijelaskan oleh Manager Administrasi PT Jasa Marga Solo Ngawi, Fatahillah.

“Untuk ruas tol yang masih fungsional, akan dibuka mulai Pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kalau di jalur non tol padat, jalur fungsional bisa dibuka hingga pukul 21.00 WIB. Tapi penambahan jam operasional ini sudah diluar tanggung jawab kami. Nanti pengalaman dikelola Polri. Sementara untuk jalur tol yang sudah operasional dibuka selama 24 jam”. Kata Fatahillah.

Jalur sepanjang 122,9 km ini terbagi menjadi 3 ruas, yaitu ruas Boyolali-Colomandu sejauh 32,65 km yang akan dibuka fungsional, ruas Sragen-Ngawi sejauh 60,142 km yang akan digunakan secara fungsional, sementara untuk ruas Solo-Sragen sepanjang 30,2 km akan dibuka secara operasional.

Terkait penggunaan jalur tol fungsional, nantinya hanya dibuka untuk satu arah serta dibuka sejak 8 Juni hingga H+2 Lebaran untuk arus mudik, kemudian untuk arus balik dibuka sejak H+3 sampai tanggal 24 Juni.

Untuk mendukung kebutuhan pemudik yang melalui ruas tol ini, nantinya akan dibangun 8 rest area yang didukung dengan fasilitas Masjid, Toilet serta pendukung keperluan pemudik lainnya. Fatahillah juga menjelaskan pihaknya akan menyiapkan kebutuhan pemudik.

“Nantinya di sepanjang ruas juga akan dibangun pos kesehatan, polisi, hingga tempat pengisian bahan bakar portable dan mobile sesuai kebutuhan,”