BIJB Kertajati Soon To Be Operate

Cirebon—Kamis, (24/5/2018) Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Agenda peresmian atau soft launching  BIJB ini merupakan langkah awal untuk BJIB bisa melayani arus mudik pada Lebaran 2018 ini.

“Kita rencanakan historical flight 24 Mei,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengisi kuliah umum di Unswagati Jalan Pemuda, Kota Cirebon, kemarin.

Menurut Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Virda Dimas Ekaputra bandara terbesar setelah Bandara Soekarno Hatta ini sudah siap melayani arus mudik setelah peresmian pada tanggal 24 Mei nanti.

“Untuk mudik direncanakan mulai tanggal 5 Juni. Sudah dirapatkan dengan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Angkutan Udara termasuk target lima rute mudik. Simulasi tanggal 24 Mei dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati. Karena pas lagipuasa konsepnya buka puasa di sana, syukuran, lalu pulang,” ujarnya.

Untuk rute penerbangan yang dilayani, Menhub mengaku masih melakukan review terkait dengan jumlah maskapai penerbangan yang akan beroperasi di BIJB. Dengan kenaikan jumlah pemudik yang menggunakan jalur udara setiap tahunnya, Menhub menginstruksikan untuk dilakukan pembenahan jadwal penerbangan sampai tengah malam.