Efisiensi Waktu, Tol Semarang Terapkan Sistem Transaksi Baru

Semarang—Menjelang arus mudik, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. akan memberlakukan sistem penarifan tunggal di jalan tol Semarang Seksi A-B-C. Johannes Mancelly selaku General Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengatakan sistem penarifan merata dengan tarif tunggal itu nantinya akan menghilangkan gardu di empat gerbang  pintu keluar tol.

“Nantinya transaksi di akses keluar di gerbang tol Tembalang, Manyaran, Muktiharjo dan Gayamsari akan dihilangkan,” ujarnya.

Untuk mendukung berjalannya sistem tersebut, Johannes Mancelly menegaskan telah dilakukan pembangunan tiga gerbang tol baru yang telah selesai. Ia juga menjelaskan, nantinya kendaraan yang memasuki tol Semarang akan secara otomatis terdeteksi saat keluar tol Banyumanik. Mengenai tarif, saat ini masih dilakukan pembahas di Kementerian PUPR.

Dengan diberlakukannya sistem ini, diharapkan mampu mengurai kemacetan yang biasanya terjadi di gerbang tol Tembalang. Meskipun demikian, pihaknya tetap mengantisipasi dampak dari pemberlakuan sistem tersebut.