Tol Palembang – Indralaya Siap Digunakan Asian Games 2018

04/07/2018

Jalan Tol

Palembang – Pembangunan proyek jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) sudah memasuki konstruksi 98% dan dikonfirmasi dapat digunakan pada saat Asian Games 2018 pada bulan Agustus nanti. Manager Proyek Jalan Tol Palindra, Hasan Turcahyo menyampaikan bahwa pihaknya saat ini sedang berfokus menyelesaikan sisa pekerjaan di ruas Tol Palembang-Indralaya ini agar dapat rampung pada pertengahan Juli mendatang.

“Penyelesaian pekerjaan fisik akan dikejar sampai pertengahan Juli agar bisa segera masuk tahap uji laik fungsi,” kata Hasan.

Hasan juga menyampaikan bahwa saat ini tim nya masih belum menemukan kendala yang berarti dalam penyelesaiannya, namun ia menambahkan bahwa ada beberapa tahapan yang nantinya akan memakan waktu seperti uji laik fisik. Uji laik fisik ini memakan waktu lama dikarenakan harus adanya koordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat.

“Kami harapkan uji tersebut bisa selesai dalam waktu dua pekan karena ada acara besar Asian Games sehingga perlu di percepat,” jelas Hasan

Untuk saat ini, pengerjaan pada proyek tol Palembang-Indralaya ini sedang di pada seksi II (Pamulutan-KTM Rambutan). Sebelumnya untuk seksi I (Palembang-Pamulutan) sejauh 7 km sudah beroperasi pada tahun 2017, serta untuk seksi III (KTM Rambutan-Indralaya) sepanjang 10 km masih dalam pengerjaan dan sudah memperoleh progres 98% pada akhir April 2018 lalu.

Jalan Tol Palembang-Indralaya ini merupakan bagian dari proyek jalan Tol Trans Sumatera yang termasuk target pembangunan jalan tol sepanjang 2.700 km hingga tahun 2019 nanti. Adapun ruas tol lainnya adalah Medan-Binjai, Pekanbaru-Dumai, Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung, Palembang-Tanjung Api Api, serta Kisaran-Tebing Tinggi.