Menyambut Simpang Susun Antasari

Jakarta - Proyek flyover Simpang Susun Antasari merupakan bagian dari jalan tol Depok—Antasari (Desari) yang saat ini masih dalam tahap konstruksi. Pembangunan flyover tersebut sudah mencapai 98% dan ditargetkan selesai pada bulan April 2018. Saat rampung nanti, Simpang Susun ini akan menjadi penghubung antara jalan arteri mulai dari Fatmawati menuju KP. Rambutan hingga Antasari menuju tol Desari.

 “Untuk Simpang Susun Antasari kami target di Bulan April selesai konstruksi. Karena sekarang hanya tinggal menyambung sedikit saja,” kata Deputi Proyek Manajer Pengelola tol, Indra Purnadi.

Kendati dimulai sekitar tahun 2015, pengerjaan proyek Simpang Susun ini baru gencar dikerjakan pada tahun 2017. Hal itu dikarenakan proses pembebasan lahan yang memakan waktu cukup lama. Rencananya, penyelesaian pembangunan Simpang Susun Antasari akan berbarengan dengan Tol Desari Seksi I (Antasari—Brigif).

“Intinya Simpang Susun Antasari itu target akhir April bisa selesai. Sebagian sudah nyambung ke tol Desari. Kami target juga tol Desari Seksi I selesai akhir April,” jelas Indra.

Ruas tol Desari rencananya akan beroperasi penuh pada bulan Juni 2018, usai studi kelayakan yang dilakukan selama dua bulan. Nantinya, jika tol Desari sudah tersambung sampai Bogor, 50% kepadatan lalu lintas tol Jagorawi bisa terurai. Desari juga dicanangkan menjadi tol pilihan bagi para pengemudi asal Bogor yang hendak ke Jakarta.

“Jadi kalau misalnya tol ini sudah nyambung ke Bogor, jadi prang Jakarta mau ke Bogor ini ada pilihan, bisa lewat Jagorawi atau Desari,” tutupnya.