Jalan Tol Palembang-Betung-Jambi , Termasuk Tiga Prioritas Jalan Tol Jokowi

08/09/2020

Jalan Tol

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengumumkan 3 proyek jalan tol yang menjadi prioritas utama pemerintahan Presiden Joko Widodo pada saat ini. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan ketiga proyek tol tersebut meliputi;

Proyek Tol Yogyakarta-Solo, Menteri Basuki menjelaskan proyek pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo ini diperkirakan akan segera dimulai pembangunannya dalam waktu dekat. Direncanakan nilai investasi dari pembangunan jalan tol ini mencapai Rp 15,5 triliun.

"Proyek pembangunan jalan tol prioritas yang pertama adalah Yogyakarta-Solo yang mulai dibangun Senin depan,"jelas Menteri Basuki.

Selanjutnya, Proyek Pembangunan Tol Penghubung Palembang-Betung-Jambi yang menjadi prioritas kedua. Ruas ini akan diproyeksikan menjadi jalan penghubung antara Palembang-Betung-Jambi di Pulau Sumatera.

"Kedua antara Palembang ke arah Betung - Jambi di Sumatera. Karena ruas pertama sudah bertarif akan kita lanjutkan,"lanjut Menteri Basuki.

Kemudian untuk yang ketiga ada Proyek Jalan Pekanbaru-Padang, yang akan menjadi lanjutan dari pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.

"Kemudian Pekanbaru ke Padang. Jadi di Sumatra masih banyak meneruskan pekerjaan itu,"tambahnya

Selain itu, terdapat juga proyek lainnya seperti pembangunan jalan tol dalam kota Bandung NS Link yang saat ini statusnya telah mendapat persetujuan dari DPRD Kota Bandung serta jalan tol Harbour Road yang akan menghubungkan Tomang menuju Tanjung Priok dengan estimasi anggaran mencapai Rp 9.5 triliun.

"NS Link di Bandung RTRW nya sudah disetujui DPRD Kota Bandung dan bisa dimulai. Kemudian Harbour Road dari Tomang ke Tanjung Priok dengan anggaran Rp 9,5 triliun,"jelas Menteri Basuki.

Sumber: sispro.co.id