Bendungan Gondang Diresmikan, Siap Penuhi Irigasi 4.680 Hektare

03/05/2019

Agenda Presiden

Karanganyar – Kamis (2/5) kemarin Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Gondang yang berada di wilayah Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Bendungan yang telah dimulai sejak tahun 2014 lalu ini ditujukan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional sekaligus pengendali banjir di wilayah sekitar Karanganyar.

“Hari ini kita menyaksikan Bendungan Gondang telah selesai dan kita tutup saluran pengelaknya sehingga akan di mulai penggenangan. Semoga Bendungan Gondang bisa bermanfaat mengairi sawah, pembangkit listrik, air baku, dan kedepan sangat bagus untuk destinasi wisata. Semoga ini memberikan dampak ekonomi yang baik bagi Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya. Dengan mengucap bismillahirahmannirrahim dengan rahmat Tuhan YME Bendungan Gondang pagi hari ini saya nyatakan diresmikan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyebut bendungan yang menelan anggaran Rp657 miliar itu memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 43,86 hektare.

"Bendungan ini akan mengairi kurang lebih 4.680 hektare baik sawah-sawah yang ada di Kabupaten Karanganyar maupun di Kabupaten Sragen," kata Jokowi

Selain sebagai sumber air irigasi dan pengendali banjir, bendungan tersebut juga akan memasok kebutuhan air baku dengan kapasitas 100 liter per detik dan memproduksi listrik sebesar 0,33 MW.

"Ke depan, saya melihat ini juga sangat bagus untuk tempat wisata. Semoga ini memberikan dampak ekonomi yang baik, pertumbuhan ekonomi yang baik, bagi Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya," ujar Presiden Jokowi

Selain Bendungan Gondang, 7 bendungan lain yang dibangun Kementerian PUPR di Jawa Tengah yaitu Bendungan Logung (Kudus), Pidekso (Wonogiri) Bener (Purworejo), Jlantah (Karanganyar), Randugunting (Blora), Matenggeng (cilacap) dan Jragung (Demak).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan dalam kurun waktu 2015-2019, Pemerintah menargetkan pembangunan 65 bendungan yang terdiri dari 49 bendungan baru dan 16 bendungan lanjutan. Bendungan Gondang yang dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Ditjen Sumber Daya Air memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter kubik dan luas areal genangan 36,10 hektare.

“Diharapkan pada bulan Oktober 2019 sudah bisa dialirkan ke sawah-sawah irigasi di Kabupaten Karanganyar dan Sragen karena curah hujan disini cukup besar sehingga diharapkan dapat cepat terisi,” jelas Menteri Basuki.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkesempatan untuk meninjau Pohon Durian Matahari yang ditanam oleh Ibu Iriana Joko Widodo di area sabuk hijau seluas 20 hektare di Bendungan Gondang. Pohon Durian yang ditanam merupakan bagian dari 300 bibit yang ditanam oleh Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan Ibu Kartika Basuki bersama anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) pada 21 Februari 2017 lalu. Saat ini pohon tersebut tumbuh mencapai ketinggian sekitar 4-5 meter.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Bupati Karanganyar Juliyatmono, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan Direktur Operasional III PT. Waskita Karya Ferry Hendriyanto.