Tol Manado-Bitung Seksi 1 Kejar Rampungkan 3 Jembatan

03/05/2019

Jalan Tol

Manado – Pembangunan ruas jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 14 kilometer saat ini masih terus di kebut pengerjaan nya. Salah satu yang menjadi fokus pengerjaan adalah 3 jembatan yang berada di seksi IA sepanjang 7 kilometer yang ditargetkan rampung pada Juni-September nanti. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Kepala Satuan Kerja Tol Manado-Bitung, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPNJ) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo, Giri Yudhono.

"Jembatan Tembran dan jembatan alur Sungai Tondano diperkirakan selesai pada pada bulan Juni, sementara jembatan Sungai Tondano diperkirakan selesai September," kata Giri

Ketiga jembatan yang dibangun tersebut akan selesai pada waktu yang tidak bersamaan sesuai dengan kondisi pada pembangunan konstruksi atas.

"Jadi ada yang sudah selesai pengecoran plat jalan, tinggal buat pagarnya, dirapikan, hingga ada yang sementara pengangkatan balok girdernya. Kita masih bisa kejar percepatan penyelesaiannya," ujarnya.

Selain jembatan juga dibangun underpass Sarongsong, overpass Sarongsong, overpass Minawerot, overpass Tumaluntung dan overpass Manado-Bitung. "Konstruksi jalan sudah selesai, tinggal jembatan dan beberapa pengerjaan kecil lainnya," ujarnya.

Giri menambahkan, khusus di seksi IB, rambu lalu lintas, marka jalan, serta infrastuktur pelengkap lainnya sudah selesai 100 persen. "Kalau untuk perkembangan konstruksi fisik di seksi II A dan IIB saya belum mendapatkan informasi terbarunya," katanya

Untuk anggaran pengerjaan konstruksi jalan tol Manado-Bitung ini telah menyerap sebesar Rp 2.67 triliun, dimana anggaran tersebut dialokasikan pada 7 paket.

"Total anggaran yang disiapkan untuk pengerjaan seksi pemerintah ini sebesar Rp3,01 triliun lebih, atau kira-kira serapannya telah mencapai 92,12 persen," jelas Giri