Bandara Internasional Yogyakarta Lakukan Penerbangan Komersial Pertama Hari Ini

06/05/2019

Agenda Presiden

Kulonprogo - Bandara Baru Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) akan segera beroperasi melayani penerbangan sebelum Lebaran Idul Fitri 2019. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, setidaknya terdapat dua maskapai yang dipastikan akan melayani penerbangan dari dan ke Bandara Baru Yogyakarta dalam waktu dekat ini, yakni Citilink dan Batik Air.

"Insya Allah tanggal 6 Mei ini ada Citilink, tanggal 10 Mei mungkin Batik Air atau Lion Air. Citilink sudah, Batik Air sudah dipastikan. Kalau Citilink dari Jakarta-Yogyakarta- Jakarta, kalau yang Batik Air dari Jakarta-Yogyakarta-Bali. Tapi mungkin dalam beberapa hari ini pasti baik Citiilink, Lion Air, maupun Batik Air akan menambah slot penerbangan," jelas Menteri Budi Karya

Direncanakan hari ini (6/5) pukul 12.00 maskapai Citilink menjadi armada pertama yang mendarat di Bandara Baru Yogyakarta ini. Para penumpang nantinya akan disambut dengan tarian dan bingkisan di Yogyakarta International Airport.

Terkait penerbangan internasional, Menteri Budi Karya menjelaskan bahwa saat ini pengelola bandara dan pihak-pihak terkait masih memerlukan waktu untuk mempersiapkan melayani penerbangan internasional. Ia juga menyampaikan untuk saat ini fokus pertama dari bandara baru Yogyakarta ini adalah melayani musim mudik lebaran.

"Jangka pendek kita harapkan lebaran yang selama ini kita cari slot ke Yogya susah, dengan adanya bandara ini slot penerbangan akan banyak dan akan membantu pergerakan dari Jakarta ke Jawa Tengah bagian selatan," jelasnya

Untuk peresmian oleh Presiden Joko Widodo direncanakan pada pertengahan Mei ini. Diharapkan dengan adanya Yogyakarta International Airport ini dapat membantu Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang sudah semakin padat dalam melayani penerbangan.