Usung Konsep Green Building, Masjid Istiqlal Gunakan Energi Surya

Jakarta – Dalam mengusung konsep Green Building dalam renovasinya, Masjid Istiqlal kini memiliki teknologi sumber listrik terbarukan, hal tersebut ditandai dengan telah terpasangnya PLTS (Solar PV) di lingkungan Masjid Istiqlal guna memenuhi kebutuhan listrik sehari-harinya.

Panel surya terpasang ini merupakan jenis modul grid berukuran 1,5x1,5 meter dengan masing-masing modul memiliki berat sebesar 18,5 kg. Total modul yang digunakan sendiri mencapai 504 unit dengan kapasitas masing-masing modul mencapai 325 Wp dengan total daya maksimal yang akan dihasilkan mencapai 150 KWp atau setara dengan daya dari 115 unit rumah berdaya 1.300 Watt.

Dengan penggunaan panel surya untuk kebutuhan listrik harian Masjid Istiqlal ini dengan sumber listrik terbarukan, Masjid Istiqlal dapat menghemat konsumsi listrik sebesar 6-7%.

Masjid Istiqlal sendiri telah melakukan renovasi yang menelan biaya mencapai Rp 465 miliar dengan waktu pengerjaan sejak Mei 2019 dan kini telah rampung 100%. Renovasi tersebut meliputi penataan dari kawasan seperti pekerjaan struktur, arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), interior dan signage.

Sumber: sispro.co.id