Progres Konstruksi Capai 86%, Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran Targetkan Operasional Akhir 2020

05/09/2020

Highway

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan percepatan terhadap beberapa proyek pembangunan ruas tol, salah satunya adalah Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 km. Kementerian PUPR menyampaikan hingga awal September 2020 ini, progres pembangunan ruas tol tersebut telah mencapai 86,46%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan jalan tol ini merupakan bagian dari 6 ruas tol dalam jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang menjadi penghubung dari kawasan-kawasan produktif sehingga kehadiran tol ini dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

"Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan satu dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II), sebagai upaya mendukung konektivitas pada kawasan metropolitan Jabodetabek sekaligus mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya,"jelas Menteri Basuki

Jaringan jalan Tol JORR II ini sendiri terdiri dari Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 km), Tol Kunciran-Serpong (11,4 km), Tol Serpong-Cinere (10,14 km), Tol Cinere-Jagorawi (14,64 km), Tol Cimanggis-Cibitung (25,39 km) serta Tol Cibitung-Cilincing (34,02 km).

Untuk ruas tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran ini sendiri terdiri dari 4 seksi yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan nilai investasi senilai Rp 3,5 triliun dengan nantinya diharapkan menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Soekarno-Hatta. Targetnya pembangunan jalan tol ini dapat rampung pada akhir tahun 2020.

Sumber: sispro.co.id