Trans Sumatera Siap Digunakan Mudik Lebaran Nanti

11/05/2018

Highway

Jakarta – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyampaikan bahwa untuk mudik Lebaran nanti, Tol Trans Sumatera siap digunakan secara fungsional demi menunjang arus mudik yang aman dan lancar di Pulau Sumatera. Beberapa ruas yang akan dibuka secara fungsional nantinya akan memudahkan pemudik yang akan pulang ke kampung halaman.

Ruas yang nantinya akan di buka secara fungsional meliputi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1 SS Bakauheni-SS Sidomulyo dengan panjang ruas sejauh 30,5 km, Paket 2 SS Sidomulyo-SS Lematang sejauh 35,6 km, lalu Paket 3 Branti-Metro sepanjang 12,5 km serta Paket 4 Gunung Sugih-Terbanggi Besar sejauh 9,84 km.

Untuk ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar saat ini masih dalam tahapan penyelesaian agar nantinya dapat beroperasi secara fungsional tepat pada musim mudik lebaran. Pejabat Sementara (PJs) Gubernur Lampung, Didik Suprayitno menyampaikan tol ini akan siap di bulan Juni nanti.

“Untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar ini, Juni nanti sudah siap dilalui pemudik,” kata Didik

Menurut Didik, penggunaan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini merupakan salah satu solusi dalam mengurai kemacetan yang sering terjadi selama arus mudik dan balik lebaran. Didik juga menyampaikan untuk ruas tol yang terbagi menjadi 4 paket ini masih terdapat beberapa titik yang terkedala dalam pembebasan lahan, namun Didik meyakinkan bahwa ruas tol ini akan tetap dapat dilewati pemudik.

“Kendala pembebasan lahan masih jadi fokus kita. Namun secara prinsip, ruas tol ini sudah terhubung dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar,” jelas Didik

Kemudian untuk jalan tol Palembang-Indralaya juga direncanakan akan dibuka secara fungsional pada Seksi 2 Pamulutan-KTM sejauh 4,9 km serta Seksi 3 KTM-Indralaya sejauh 9,28 km. Sementara untuk Seksi 1 Palembang-Pamulutan sejauh 7,75 km sudah beroperasi secara penuh.

Lalu ada ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Segmen On Off Ramp Sementara Terbanggi Besar-Terusan Nyunyai sejauh 22 km juga akan dibuka secara fungsional untuk kebutuhan musim mudik lebaran nanti.

Sementara itu, terdapat beberapa ruas yang saat ini masih dalam proses uji laik fungsi, yaitu Seksi 1 ruas Tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dari mulai SS Tanjung Morawa sampai SS Parbarakan sejauh 10.75 km.