Tol Tebing Tinggi-Kualanamu Bisa Dilalui Lebaran 2017

29/11/2016

Tidak berkategori

Jakarta - MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tiga ruas tol trans Sumatera bisa dioperasikan secara penuh pada Lebaran 2017 mendatang. Ketiga ruas tersebut antara lain Tebing Tinggi-Kualanamu, Indralaya-Palembang, dan Terbanggi Besar-Bandar Lampung.
 
"Ada beberapa, di Indralaya-Palembang, Tebing Tinggi-Kualanamu, dan Terbanggi Besar-Bandar Lampung. Mudah-mudahan sebelum Lebaran. Itu full operasi, nggak fungsional (sudah bayar)," kata Basuki, di Jakarta, Minggu (27/11/2016).
 
Basuki mengakui belum dapat memastikan pengerjaan seluruh ruas jalan tol Trans Sumatera dapat rampung sebelum 2019. Selain karena progress-nya yang saat ini belum secepat tol trans Jawa, tol trans Sumatera juga memiliki panjang yang jauh lebih banyak dari tol trans Jawa.
 
"Kalau Trans Sumatera saya belum berani memastikan, karena masih panjang. Kalau trans Jawa insya Allah 2018 dengan perkembangan sekarang, 661 km kalau yang dari Banten sampai Surabaya, saya masih berani menjanjikan kepada Presiden selesai 2018," ujarnya.
 
Adapun progress pengerjaan untuk ketiga ruas tersebut saat ini, masing-masing untuk Tebing Tinggi-Kualanamu mencapai 84% untuk pembebasan lahan, dan 35,19% untuk konstruksi. Palembang-Indralaya 83% untuk pembebasan lahan dan 35,9% untuk konstruksi. Sedangkan Terbanggi Besar-Bandar Lampung yang panjangnya mencapai 140 km, pembebasan lahannya mencapai 42,7%, dan konstruksi 13,9%.*dtf