Tol Semarang-Demak Siap Dibangun Awal Februari

15/01/2020

Highway

Semarang – Pembangunan Tol Semarang-Demak akan segera dimulai, proyek yang akan terbagi dalam 2 seksi dengan seksi II yang akan dimulai terlebih dahulu pada pada Februari ini. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (PP) Semarang Demak, Handoyo Yudianto setelah menemui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam pembahasan pembangunan Tol Semarang-Demak ini.

"Awal Februari mulai pekerjaan fisik seksi II. Seksi I persiapan," kata Handoyo, dikutip dari detik.com

PT PP Semarang-Demak merupakan badan usaha yang akan memegang konsesi perusahaan jalan tol Semarang-Demak. Jalan tol ini nantinya akan memiliki panjang 27 km, pada saat ini kondisi pembebasan lahan tol Semarang-Demak sudah mencapai 20%. Namun untuk seksi II sudah mencapai 60% lahan yang dibebaskan.

"Seksi I berada di ruas Semarang-Sayung sepanjang 10,69 km dan seksi II sepanjang 16,31 km yang membentang dari Sayung sampai Demak kota. Seksi II pertengahan Juli selesai pembebasan lahan. Kalau untuk jalan tol selesai fisik akhir 2021,"kata Handoyo

Handoyo menyampaikan, untuk seksi I masih terdapat kendala pada pembebasan lahan hal ini masih diproses oleh Pemprov Jawa Tengah. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyampaikan akan dilakukan percepatan untuk pembebasan lahan demi mengejar percepatan pembangunan jalan tol tersebut. Ganjar akan berkomunikasi dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono terkait percepatan di seksi I. Di seksi tersebut jalan tol juga akan berfungsi sebagai tanggul laut.

"Harus ada win-win solution untuk pembebasan lahan itu. Masyarakat mengatakan tanah (calon jalan tol) itu miliknya, bisa menunjukkan sertifikat, tapi wujud tanahnya sudah tidak ada karena terendam rob. Nanti saya akan koordinasi dengan Pak Basuki agar ini (seksi I) dipercepat," kata Ganjar.

Sumber: sispro.co.id