Presiden Jokowi Sebut Akan ada Transportasi Otomatis di Ibu Kota Baru

Jakarta – Presiden Joko Widodo menjelaskan di dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru aka nada sistem transportasi massal dengan teknologi otomatis atau autonomous vehicle serta untuk kendaraan pribadi menggunakan electric vehicle atau mobil listrik. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam acara pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2019-2022.

"Kita mau bangun transportasi, di sana transportasi umumnya, transportasi massalnya adalah autonomous, mobil pribadi nanti juga akan otonomous vehicle," kata Presiden Jokowi.

Dengan penerapan sistem autonomous  pada Ibu Kota Negara baru yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara akan menjadi ibu kota pertama di dunia yang menerapkan sistem transportasi tersebut.

"Saya juga memiliki mimpi besar agar kita menjadi ibu kota pertama yang transportasi massalnya, transportasi pribadi pakai electric car dan autonomous, sehingga semua murah,"kata Presiden Jokowi

Didalam acara yang juga dihadirkan oleh beberapa menteri di Kabinet Maju, Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, serta Mantan Wakil Gubernur, DKI Jakarta Sandiaga Uno. Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga menyampaikan pemindahan ibu kota ini bukan hanya sekedar pemindahan gedung pemerintahan namun juga memulai dengan gagasan baru bagi kultur kerja.

"Saya sampaikan pindah ibu kota itu bukan memindahkan gedung, bukan itu, yang kita gagas itu pemindahan pola kerja, kultur kerja, sehingga yang kita install sistem, jadi orang ikut sistem yang kita kerjakan, orang berfikir memindahkan lokasi, gedung, bukan itu, kita ingin ada pemindahan kultur kerja," jelas Presiden Jokowi.

Sumber: sispro.co.id