Tol Becakayu Lanjutkan Konstruksi, Bakal Tersambung Hingga Bekasi Timur

19/07/2019

Highway

Bekasi – Pembangunan proyek lanjutan dari Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) akan kembali berlanjut pada akhir tahun 2019 ini. Pembangunan ini akan menghubungkan lintas Bekasi Barat-Bekasi Timur dengan panjang 3 km dengan dibagi menjadi 2 seksi yakni lanjutan seksi 2A dari Galaxy Bekasi Barat-Jl Veteran Bekasi Selatan serta Seksi 2B yang berlanjut hingga Bekasi Timur.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi Erwin Gwinda menyampaikan pembangunan ini sudah siap dilanjutkan karena untuk trase nya sudah disetujui dari pemerintah pusat.

"Akhir tahun mulai dikerjakan konstruksinya untuk Bekasi Barat hingga Bekasi Timur, trasenya sudah disetujui pusat," kata Erwin

Erwin juga menyampaikan dalam perencanaan pembangunan, ujung Seksi 2A akan dibuat melintang dari Simpang Bekasi Cyber Park (BCP) dan tidak akan menggunakan lahan jalan Hasibuan yang ada di depan Ruko Sun City Square. Hal ini membuat trase Tol Becakayu tersebut akan melintasi Jalan Ahmad Yani dan melewati belakang Ruko Sun City atau Jlan Suplesi Kalimalang, hal ini karena Seksi 2A akan memiliki akhir di JL KH Noer Ali.

"Jadi trase saat melintasi Ahmad Yani ini melewati ke belakang ruko suncity atau jalan suplesi Kalimalang," jelasnya.

Sementara itu untuk lanjutan dari trase 2B akan dibuat melintang diatas Kali Bekasi di bagian utara Bendungan Bekasi kemudian akan dilanjut berbelok ke Sipang Jalan Kartini menuju ke Perumahan Irigasi, lalu dilanjutkan menuju sisi selatan Kalimalang sampai ke kawasan Apartemen Grand Dhika City.

"Jalan Kartini di depan makam hanya terdampak beberapa meter. Makanya ada pembebasan lahan di titik itu," ujar Erwin

Nantinya dalam proses pembangunan Tol Becakayu lanjutan ini, arus lalu lintas dari dan menuju Jakarta yang melewati lokasi pembangunan akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas yang telah di skema kan oleh Dinas Perhubungan Kota Bekasi.