Siap Digunakan, Tol Manado-Bitung Bakal Diresmikan Langsung Presiden Jokowi

21/07/2020

Highway

Jakarta – Presiden Joko Widodo direncanakan bakal melakukan peresmian langsung dari ruas Tol Manado-Bitung seksi Manado-Kauditan sepanjang 20 km pada Rabu (22/7) besok. Hal tersebut sebagaimana seperti yang diinformasikan oleh PT Jasamarga Manado Bitung dalam akun sosial media mereka.

“Buat kamu yang ada di Manado dan sekitarnya, ada kabar gembira nih! Dua hari lagi, Jalan Tol Manado-Bitung akan segera diresmikan. Peresmian dihadiri langsung Presiden Joko Widodo lho,”tulis akun instagram PT Jasamarga Manado Bitung pada Senin (20/7) malam kemarin.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR untuk pengoperasian ruas Tol Manado-Bitung seksi 1 (Manado-Airmadidi) sepanjang 14 km dan sebagian ruas seksi 2 sepanjang 7 km.

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri sehingga akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru,"jelas Menteri Basuki dalam keterangannya

Jalan Tol Manado-Bitung ini terbagi dalam 2 seksi, dimana seksi 1 yang terbentang dari Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi hingga Kauditan sepanjang 21 km yang dikerjakan oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR. Sementara untuk di seksi 2 yang menghubungkan Airmadidi-Bitung sejauh 25 km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Manado Bitung.

Jalan Tol Manado-Bitung seksi 1 sendiri dibangun dengan dukungan pemerintah melalui pembiayaan konstruksi sebesar Rp 3 triliun, sementara untuk seksi 2 dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi mencapai Rp 6,19 triliun.

Sumber: sispro.co.id