Resmi Beroperasi, Tol Pekanbaru-Dumai Masih Dibuka Gratis

26/09/2020

Highway

Jakarta – Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dengan total panjang 131 km yang menjadi bagian dari koridor Tol Trans Sumatera telah beroperasi pada Jumat (25/9) kemarin setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual.

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim. Saya resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai hari ini,"jelas Presiden Jokowi

PT Hutama Karya (Persero) selaku pemilik ruas tol ini menyampaikan ruas tol Pekanbaru-Dumai akan mulai bisa digunakan pada Sabtu (26/9) hari ini. Hal tersebut sebagaimana seperti yang disampaikan oleh EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya, Muhammad Fauzan.

"Pascaperesmian hari ini oleh Presiden Joko Widodo, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan beroperasi mulai besok, Sabtu pukul 06.00 WIB secara gratis atau belum berbayar,"jelas Fauzan

Saat ini pihak Hutama Karya sendiri tengah menunggu keputusan tarif Tol Pekanbaru-Dumai dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang artinya ruas tol tersebut masih tidak dikenakan biaya alias gratis. Meskipun masih gratis, masyarakat yang ingin menggunakan ruas tol Pekanbaru-Dumai ini tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik.

"Belum berbayar atau gratis hingga diterbitkannya surat keputusan penentuan tarif tol oleh Menteri PUPR,"kata Fauzan

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan rasa optimistisnya terhadap ruas Tol Pekanbaru-Dumai untuk dapat meningkatkan akses distribusi logistik di wilayah setempat.

"Belum berbayar atau gratis hingga diterbitkannya surat keputusan penentuan tarif tol oleh Menteri PUPR,"jelas Menteri Basuki

Jalan tol yang memiliki 6 seksi ini, memiliki keunikan tersendiri dimana terdapat 5 buah terowongan yang dibuat khusus untuk perlintasan satwa gajah dan beruang yang mengisi wilayah di Seksi 4 ruas Kandis Utara-Duri Selatan.

Dalam pembangunan jalan tol ini, PT Hutama Karya (Persero) menghabiskan waktu hingga 2 tahun 9 bulan dengan nilai investasi sebesar Rp 16,21 triliun. Serta dilengkapi dengan tujuh Gerbang Tol Elektronik serta 10 Tempat Istirahat Pelayanan (TIP).

Sumber: sispro.co.id