PUPR Bantu Pemerintah Semarang Wujudkan Tol SORR

25/01/2018

Highway

Semarang - Semarang Outer Ring Road (SORR) merupakan proyek infrastruktur prioritas Pemerintah Kota Semarang di tahun 2018, dengan tujuan untuk mengurai kemacetan jalur utama Kota Semarang. Walikota Semarang Hendrar Prihadi menuturkan, Pemerintah Kota Semarang menyediakan lahan sementara pembangunannya dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Bersama Kementeruan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemkot sepakat untuk menjadikan SORR jalan berbayar atau tol. Berbeda dengan perencanaan sebelumnya yang hanya menjadikan SORR sebagai jalur arteri pengurai kemacetan.

“Sebenarnya tidak ada yang berubah. Hanya skemanya saja, dari jalan arteri menjadi jalur tol. Jalurnya tetap sama, pembebasan lahan juga dilakukan oleh Pemkot Semarang,” jelasnya,

Berubahnya skema SORR ini dinilai bisa mempercepat proses pembangunan. Pembangunan jalan tol dinilai lebih cepat dan juga tidak merubah fungsi awal yakni jalan bisa digunakan untuk mengurai kemacetan lalu lintas.

Pembebasan lahan dilakukan mulai 2018 secara bertahap, dan dilangsungkan dengan pembangunan fisik yang akan dimulai tahun 2019.

Sumber: solopos.com