Presiden Jokowi Resmikan Tol Kunciran-Serpong

 

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pengoperasian jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR) II ruas Kunciran-Serpong dengan panjang 11,13 km dalam kunjungan kerjanya pada Jumat, 6 Desember 2019. Peresmian dilangsungkan di gerbang tol Parigi, Kota Tangerang Selatan.

"Sore hari ini, alhamdulillah untuk pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong sudah rampung dan segera bisa kita manfaatkan," kata Presiden Jokowi

Jokowi menyatakan, Tol Kunciran-Serpong ini dibangun karena keluhan warga di Tangerang dan Tangerang Selatan yang kerap terjebak macet saat menuju ke Jakarta.

"Saya sering mendengar keluhan orang yang bulak balik dari Banten ke Jakarta, katanya Pak kita ini bisa tua di jalan karena macet. Belum biaya yang kita keluarkan untuk BBM, padahal di era persaingan antar negara yang semakin sengit kecepatan akan sangat menentukan, yang cepat akan mengalahkan yang melambat,"jelas Presiden Jokowi

Selain untuk mobilitas orang, Jokowi juga menyatakan tol ini penting untuk distribusi barang dan logistik, apalagi Banten juga memiliki banyak kawasan industri. Jalan tol ini akan mempercepat gerak perekonomian Banten sebagai wilayah penyanggah perekonomian DKI Jakarta.

"Jalan tol ini bisa mempercepat gerak perekonomian Banten sebagai wilayah penyangga ibu kota Jakarta. Dengan demikian, ekonomi Banten bisa bergerak lebih cepat lagi,"lanjut Presiden Jokowi

JORR II merupakan jalan tol penghubung antara Jakarta dengan Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Depok, dan Bekasi sepanjang kurang lebih 110 kilometer. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, dalam laporannya, menjelaskan bahwa jalan tol tersebut terdiri atas enam ruas tol yang menghubungkan daerah Cengkareng, Kunciran, Serpong, Cinere, Jagorawi, Cimanggis, Cibitung, dan Cilincing.

Tol Kunciran-Serpong terbagi atas dua paket pekerjaan, yaitu paket 1 Kunciran-Parigi sepanjang 6,7 km yang digarap oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Paket 2 Parigi-Serpong sepanjang 4,4 km yang digarap PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Acset Indonusa Tbk (KSO).

Mendampingi Presiden dalam acara peresmian tersebut di antaranya ialah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, serta dua Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar dan Adamas Belva Syah Devara.