PP Infra Resmikan Operasional SPAM Angke Kapasitas 240 Liter per Detik

Jakarta – PT PP (Persero) Tbk melalui anak usahanya , PTPP Infrastruktur (PP Infra) sukses meresmikan pengoperasian sistem pengolahan air minum (SPAM) Kali Angke pada Jumat (28/8) lalu. Dalam proyek ini, PP Infra membentuk Badan Usaha Pelaksana Kerjasama dengan PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) yang membentuk PT Tirta Tangsel Mandiri (TTM).

PITS sendiri yang merupakan BUMD Tangerang Selatan telah melakukan serangkaian pengadaan Badan Usaha untuk memilih mitra kerja dalam investasi, pembangunan, serta pengoperasian dari proyek SPAM ini. Dalam hal ini PP Infra dipercaya untuk dapat menjalin kerjasama sebagai mitra dalam pembangunan SPAM Kali Angke untuk tenggat kerjasama selama 30 tahun.

Direktur Utama PP Infra, Didik Mardiyanto menyampaikan SPAM Kali Angke ini hadir untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Tangerang Selatan. Hal tersebut dikarenakan saat ini Kota Tangerang Selatan masih bergantung pada PDAM TKR Kabupaten Tangerang.

“Saat ini Kota Tangerang Selatan belum mempunyai Sistem Air Minum yang dioperasikan sendiri dan masih mengandalkan pelayanan dari PDAM TKR Kabupaten Tangerang serta pelayanan air minum mandiri yang berada di perumahan skala besar yang dikelola oleh developer. Cakupan pelayanan air minum Kota Tangerang Selatan masih sangat rendah, yaitu sekitar 7% sedangkan target Penyediaan Air Minum Kota Tangerang Selatan yang harus dicapai pada tahun 2019 sebesar 40%,"jelas Didik

SPAM ini direncanakan dapat menambah kapasitas pelayanan untuk 33.500 lebih sambungan ke rumah-rumah masyarakat, hal ini berarti dapat meningkatkan pelayanan kepada 167.000 penduduk di Kota Tangerang Selatan.

Untuk PP Infra sendiri dalam proyek SPAM ini melakukan lingkup pekerjaan berupa pembangunan dan pengoperasian unit air beku, pembangunan dan pengoperasian unit produksi serta reservoir air minum, dan pembangunan jaringan distribusi hingga retikulasi sepanjang 300 km untuk nantinya dioperasikan oleh PITS.

Sedangkan untuk PT Tirta Tangsel Mandiri akan melakukan instalasi pengolahan air minum berkapasitas output sebesar 220 liter perdetik, kemudian akan melakukan sistem perpompaan air minum untuk jaringan distribusi, bangunan pelengkap ataupun penunjang.

"Dengan diresmikannya SPAM Kali Angke ini diharapkan pelayanan air minum yang berada di Kota Tangerang Selatan dapat terpenuhi. Pembangunan SPAM Kali Angke ini menggunakan teknologi Water Treatment Plant sehingga air bersih yang disalurkan dapat langsung diminum oleh pelanggan,”kata Didik

Selain Didik, dalam peresmian ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PT Tirta Tangsel Mandiri Denny Kadarwati, Direktur Utama PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan Dudung E. Diredja, serta Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Sumber: sispro.co.id