Kementerian PUPR Pastikan Dua Proyek Strategis Telah Masuk Tahapan Prakualifikasi

01/09/2020

PUPR Agenda

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat telah ada dua proyek strategis nasional yang masuk tahapan prakualifikasi lelang. Hal ini sebagaimana seperti yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembiayaan infrastruktur Kementerian PUPR, Eko D. Heripoerwanto.

Eko menjelaskan kedua proyek strategis tersebut merupakan proyek jalan tol serta proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Kedua proyek tersebut merupakan proyek yang masuk dalam market sounding yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Kementerian PUPR.

"Untuk proyek dari market sounding yang masuk tahapan prakualifikasi lelang pertama yaitu proyek jalan tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap. BPJT sudah melakukan prakualifikasi lelang pada 7 Agustus—14 September 2020,"jelas Eko

Sedangkan untuk proyek kedua adalah proyek kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) SPAM Region Karian-Serpong untuk wilayah pelayanan meliputi Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, serta Kota Tangerang Selatan.

Untuk proyek jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sendiri telah dilakukan penjelasan umum mengenai dokumen prakualifikasi secara daring pada 25 Agustus lalu. Kemudian untuk proyek SPAM Region Karian-Serpong merupakan prakarsa badan usaha (unsolicited project) dari Konsorsium Korea Water Resources Corporation (K-Water), LG International, serta PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan kompensasi pemberian tambahan nilai mencapai 10%.

Kementerian PUPR sendiri telah melakukan penjajakan minat pasar (market sounding) atau penawaran paket pekerjaan proyek strategis kepada pasar sejak beberapa waktu lalu. Seperti pada 21 November 2019 lalu terdapat empat proyek yang ditawarkan seperti, jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, Tol Yogyakarta-Bawen, Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Tol Mamminasata.

Selanjutnya diteruskan pada 11 Maret tahun ini, dengan menawarkan 5 proyek strategis yakni, sistem transaksi tol non tunai berbasis multi-lane free flow, tol layang Cikunir-Karawaci, preservasi jalan nasional lintas timur Sumatra di Provinsi Riau, Tol Kamal-Teluk-Naga-Rajeg, serta tol Bogor-Serpong via Parung.

Dan yang terbaru adalah pada 30 April lalu dengan menawarkan total 6 proyek, yakni tol Semanan-Balaraja, tol layang Cikunir-Ulujami, tol Sentul Selatan-Karawang Barat, tol Akses Patimban, tol Semarang Harbour, serta jembatan tol Batam-Bintan.

Sumber: sispro.co.id