Peneliti Kembangkan Sistem Bangun 3D Print

04/05/2017

Tidak berkategori

Jakarta - Peneliti dari MIT telah merancang sistem robotik baru yang bisa mencetak 3D dengan struktur dasar dari keseluruhan bangunan. Sistem ini bisa membantu pembangunan rumah menjadi lebih cepat dan biaya yang harus dikeluarkan pun bisa berkurang.

Bahkan, bangunan struktur di dalamnya itu juga bisa dimodifikasi dengan cara yang baru. Materi berbeda bisa digabungkan di sepanjang proses. Selain itu, jenis masa material yang digunakan juga bisa bervariasi.

“Pada akhirnya, pendekatan ini memungkinkan rancangan dan konstruksi pada bangunan baru yang tidak laik dengan metode tradisional,” ungkap Steven Keating dari MIT, seperti dinukil dari laman Gadgets Now.

Sistem ini sendiri terdiri dari kendaraan yang membawa alat-alat berat dan lengan robot. Lengan pada robot tersebut bisa digunakan untuk menghubungkan pembangunan seperti menuangkan bahan beton dan juga melakukan penyemprotan.

Peneliti coba menggunakan prototipe untuk membangun dinding struktur dengan diameter 50 kaki dan tinggi 12 kaki. Proyek ini pun akhirnya bisa selesai dalam waktu 14 jam untuk proses mencetak. (afr)

(kem)