Pemerintah Targetkan Seksi 4 Tol Banda Aceh-Sigli Rampung Sebelum Lebaran

25/02/2020

Highway

Aceh – Pemerintah menargetkan pembangunan Tol Banda Aceh-Sigli seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang dapat rampung dan bisa digunakan sebelum Lebaran 2020. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya meninjau progress fisik dari pembangunan Tol Banda Aceh-Sigli ini.

Menurut Presiden Jokowi, saat ini proses pembebasan lahan pada jalan tol Banda Aceh-Sigli ini berjalan cukup baik dan diharapkan proses pekerjaan konstruksi berjalan lancar sesuai target di tahun 2021 nanti.

"Alhamdulillah jalan tol Banda Aceh menuju Sigli sepanjang 74 km pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik. Dirut PT Hutama Karya menyampaikan pembebasan lahan (seksi IV) sudah rampung, justru tinggal konstruksinya yang tertinggal" kata Presiden Jokowi.

Sampai saat ini progres dari konstruksi jalan tol ini telah mencapai 29,76% secara keseluruhan, namun khusus untuk Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang dengan panjang 13,5 km saat ini telah mencapai 77,85% dan nantinya dapat rampung pada sebelum Idul Fitri 2020.

Selain dari Seksi 4, pada seksi-seksi lainnya juga telah menunjukan progres yang cukup signifikan. Pada Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum (25,7 km) saat ini baru mencapai 1,04% kemudian pada Seksi 2 Seulimeum-Jantho (6,3 km) saat ini telah mencapai 24,25%. Lalu untuk Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km) telah mencapai 42,22%, untuk Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro (7,7 km) dengan progres 7,81% dan untuk Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam (4,8 km) dengan progres nya mencapai 14,27%.

Dalam kunjungannya kali ini, Presiden Jokowi juga didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, PLT Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Bupati Aceh Besar Mawardi Aly serta Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit.

Sumber: sispro.co.id