Pemerintah Targetkan 1.053 Embung Rampung di 2019

Jakarta - Pemerintah telah membangun 949 Embung alias waduk kecil di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut akan bertambah jumlahnya sebesar 104 embung yang pengerjaannya akan selesai tahun ini. Pembangunan embung ini dilakukan untuk memaksimalkan aliran air ke masyarakat yang wilayahnya jauh dari Waduk besar. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangan resminya.

"Sawah-sawah milik petani desa itu kerap tidak mendapatkan aliran air irigasi dari Waduk Cengklik, karena itulah, Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) memberi jalan keluar dengan membangun Embung Giriroto di Ngemplak," terang Jokowi

Embung sendiri adalah waduk kecil yang menampung air antara 1.000 hingga 500.000 meter kubik, dengan kedalaman di bawah 15 meter. Beda dengan waduk yang kapasitas dan kedalamannya lebih besar. Keberadaan embung selain untuk irigasi sawah, juga untuk konservasi air. Selain itu juga Embung juga digunakan sebagai sumber air baku, ataupun sumber air bagi ternak terutama pada saat musim kemarau.

Sementara itu, Menteri PUPR menjelaskan bahwa penyediaan sarana dan prasarana air untuk ketahanan air dan kedaulatan pangan. Dimensi embung yang dibangun bervariasi dengan kapasitas tampung antara 1.000 hingga 500.000 m3 dan kedalaman di bawah 15 meter.

Pada tahun ini Kementerian PUPR berencana akan membangun 104 embung yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga total embung yang terbangun hingga 2019 berjumlah 1.053 embung.