Pembebasan Lahan Segera Rampung, Progres Proyek Tol Bocimi Seksi II Dikebut

16/11/2020

Highway

Jakarta – Proyek pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) terus dikebut pengerjaannya. Tercatat salah satu ruas pada tol ini, yakni seksi II yang menghubungkan wilayah Cigombong-Cibadak telah mencapai progres pengerjaan 67% dengan target rampung pada pertengahan tahun 2021 nanti.

Sementara itu, dalam proses pembebasan tanah untuk akses jalan tol Bocimi ini telah masuk dalam tahapan sertifikasi dan ditargetkan rampung dalam waktu dekat. Hal tersebut sebagaimana seperti yang disampaikan oleh Kasi Pegadaan Tanah BPN Kota Sukabumi, Aprani.

Aprani menjelaskan dalam pembangunan ruas tol Bocimi ini akan melintasi beberapa daerah di wilayah Kota Sukabumi. Dari beberapa wilayah tersebut terdapat 181 bidang tanah yang akan dialokasikan untuk pembangunan tol Bocimi.

“Saat ini sedang dalam tahap sertifikasi dan akan segera diserahkan ke Kementerian PUPR. Untuk di Kecamatan Cikole itu terletak di Kelurahan Kramat, sedangkan di Kecamantan Gunungpuyuh berada di dua kelurahan, yaitu di Kelurahan Karangtengah dan Subangjaya,” jelas Aprani

Dari 181 bidang tanah yang akan dialokasikan, sebanyak 113 diantaranya berada di wilayah Kelurahan Karangtengah, 64 bidang di wilayah Subangjaya, serta 4 bidang lainnya berada di wilayah Kelurahan Kramat. Nantinya setelah masuk tahapan sertifikasi, 181 bidang tanah ini akan diserahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Saat ini dari sebanyak 181 bidang tanah yang dilakukan upaya pembebasan, telah memasuki tahapan sertifikasi, namun terdapat dua bidang yang dalam yang harus menunggu SK terlebih dulu, setelah itu baru bisa disertifikasikan. Tinggal sebentar lagi, sesudah itu kita lakukan sertifikasi, lalu akan segera diserahkan pada pihak PUPR untuk melakukan tahapan selanjut dalam proses pembangunan Tol Bocimi,”jelas Aprani

Proyek pembangunan Tol Bocimi ini sendiri akan memiliki total panjang 54 km dengan terbagi dalam 4 seksi tol, yakni Seksi I menghubungkan Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km yang telah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Kemudian pada Seksi II Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km, Seksi III menghubungkan Cibadak-Sukabumi Barat sejauh 13,7 km dan untuk Seksi IV menghubungkan Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sejauh 13,05 km.

Jalan tol Bocimi ini sendiri diproyeksikan untuk dapat menjadi akses pendukung dari pengembangan kawasan wisata yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Sukabumi. Selain itu, juga diharapkan menjadi akses konektivitas kelancaran transportasi logistik maupun orang dari dan menuju Sukabumi.

Sumber: sispro.co.id