Pembangunan Dikebut, Tol Cisumdawu Siap Beroperasi Pertengahan 2021

30/06/2020

Highway

Sumedang – Pemerintah terus mempercepat pembangunan jalan tol di Indonesia, salah satu jalan tol yang sedang didorong percepatan penyelesaiannya adalah jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 60,10 km. Jalan tol ini sendiri terbagi menjadi 27,62 km yang dikerjakan oleh Pemerintah dan juga 33,22 km yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Budi Harimawan bersama dengan Sekretaris BPJT Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, Kepala BBPJN DKI Jakarta & Jawa Barat Hari Suko Setiono beserta Direktur Teknik PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Medi Suarso sebelumnya telah melakukan tinjauan pada ruas tol Cisumdawu.

“Setelah melaksanakan kunjungan lapangan dan rapat bersama pada hari ini antara Ditjen Bina Marga, BPJT Kementerian PUPR, dan rekan-rekan balai terkait progres pembangunan Jalan Tol Cisumdawi Seksi I, II, dan III, mudah mudahan akan selesai dan beroperasi pada bulan September tahun 2021 mendatang,”jelas Triono Junoasmono

Terhitung hingga akhir Juni ini, ruas Tol Cisumdawu seksi I Phase III, seksi II Phase II dan juga seksi II Phase II sepanjang 27,62 km yang dibangun oleh pemerintah telah mencapai 78,88% . Sedangkan untuk ruas tol Cisumdawu seksi III, IV, V, VI yang dikerjakan oleh BUJT PT Citra Karya Jabar Tol sepanjang 33,22 km dengan total progres penyelesaian mencapai 22,73%.

Triono juga menyampaikan, pemantauan progres penyelesaian juga dilakukan dalam rapat koordinasi secara periodic dan rutin untuk percepatan penyelesaian keseluruhan dan kepada PT Citra Karya Jabar Tol.

Sementara itu, Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Budi Harimawan menyampaikan progres pembangunan terus didorong untuk dapat dijadikan salah satu fokus penyelesaian pembangunan infrastruktur khusus di jalan tol yang dikerjakan oleh pemerintah bersama dengan BUJT.

“Untuk pembebasan lahan yang terus dilaksanakan penyelesaiannya, harapannya dapat segera selesai secara keseluruhan di tahun 2020 ini,”jelasnya

Jalan tol Cisumdawu ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sekitar Jawa Barat khususnya Cileunyi-Sumedang-Dawuan serta menjadi akses pendukung Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Majalengka serta menjadi bagian dari akses untuk kendaraan logistik menuju Pelabuhan Patimban.

Sumber: sispro.co.id