Minggu Depan LRT Cibubur-Cawang Diuji Coba

Jakarta – Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek rute Cibubur-Cawang telah memasuki tahapak akhir. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menyampaikan LRT Jabodebek rute Cibubur-Cawang ini akan dilakukan ujicoba pada minggu depan, ujicoba tersebut dilakukan setelah kedatangan kereta LRT yang diproduksi oleh PT INKA tersebut.

"LRT kita mungkin minggu depan taruh kereta yang untuk Cibubur-Cawang dites dulu,"kata Menteri Rini

Menteri Rini juga menyampaikan kereta LRT yang akan datang ini sudah mendapatkan surat uji kelayakan setelah adanya studi kelayakan yang dilakukan. Olek karena itu, setelah kereta LRT tersebut datang sudah dapat dilakukan ujicoba langsung pada lintasan.

Uji coba ini akan menjadi yang pertama pada rute Cibubur-Cawang dimana untuk lintasannya sendiri sudah rampung tersambung keseluruhan. Jika pada tahapan ujicoba pertama ini telah rampung, nantinya LRT Jabodebek dapat beroperasi secara komersial namun Menteri Rini belum dapat memastikan untuk tenggat waktu dari ujicoba yang akan dijalankan.

"Ya tergantung, kan izinnya nanti dari Kementerian Perhubungan. Jadi nanti kita tes dulu, baru nanti sekalian urus sertifikat layak fungsi,"jelas Menteri Rini

Sementara itu Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan uji coba LRT Cibubur-Cawang tersebut akan dilakukan pada bulan ini dan selama 6 bulan kedepan. Selain itu Menteri Budi juga menargetkan LRT Rute Cibubur-Cawang ini dapat beroperasi penuh pada 2021 nanti.

"Kereta-keretanya sudah siap, dan semoga bisa diujicobakan mulai Oktober selama enam bulan paling tidak. Saat LRT Palembang sebenarnya uji coba membutuhkan waktu hampir satu tahun, tapi karena untuk LRT ini kereta sudah diuji sehingga hanya enam bulan saja," jelas Menteri Budi

Meskipun begitu, Menteri Budi menyampaikan dalam segi teknis LRT Rute Cibubur-Cawang ini sudah dapat beroperasi pada akhir tahun 2019 nanti dikarenakan proses pembangunannya sudah mencapai 90%, namun hal tersebut harus dilakukan pembahasan secara mendalam.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerangkan per Agustus, progres pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 64,6%. Adapun rinciannya meliputi Cawang-Cibubur mencapai 84.,29%, Cawang-Dukuh Atas mencapai 54,263%, Cawang-Bekasi Timur mencapai 58,304%.