Medan Bakal Punya Tol Dalam Kota

Medan – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara saat ini tengah menyiapkan perencanaan pembangunan jalan tol di dalam Kota Medan (Medan Untra Urban Toll Road-MIUTR) yang akan terhubung sejauh 30,97 km. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi yang menjelaskan jalan tol ini sudah memasuki tahap proses uji kelayakan dan diharapkan dapat menjadi solusi dari kemacetan kota Medan.

"Pembangunan MIUTR merupakan inisiatif Pemprov Sumut dengan tujuan untuk mengurangi kemacatan lalu lintas, Nanti akan bisa dilalui sepeda motor juga. Ada jalur khususnya di kiri dan kanan. Jika semua lancar, mudah-mudaha tahun 2024 selesai," Kata Edy

Edy juga menyampaikan pembangunan tol dalam kota ini nantinya akan terkoneksi dengan jalan tol yang sudah ada. Pihaknya memastikan akan mendukung percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol ini dikarenakan bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Jalan tol ini akan dibangun dalam tiga seksi, yakni seksi I Helvetia-Titikuning sepanjang 14,28 km, lalu seksi II TItikuning-Pulo Brayan sepanjang 12,44 km dan seksi III Titikuning-Amplas sejauh 4,25 km.

"Jalan tol dalam kota memang sudah harus ada di Medan dan kota lain di Sumut karena lalu lintas di Medan dan sekitarnya sudah sangat padat," katanya.

Sementara Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Eko Purwanto menyampaikan apresiasinya terhadap Pemprov Sumatera Utara atas inisiatif lansung terhadap upaya pembenahan infrastruktur di wilayahnya.

"Ini merupakan inisiatif badan usaha, kita sangat mendukung. Proses usulannya baru masuk ke PUPR pada Juni, kita pelajari dan setujui izin prinsip. Nanti tahapan lainnya yang harus dilakukan, semoga bisa lebih cepat, tetapi harus sesuai aturan," kata Eko.

Rencana pembangunan itu sendiri sudah diawali dengan penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) antara Pemprov Sumut, Pemkot Medan, Pemkab Deli Serdang, bersama PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk dan PT Adhi Karya, pada 1 Maret 2019 di Medan.