LRT Terhubung Dengan Transjakarta

Jakarta – Light Rail Transit (LRT) Fase I Jakarta direncanakan mulai terintegrasi dengan bus Transjakarta, PT LRT Jakarta menargetkan pada Februari 2019 nanti sudah dapat beroperasi secara terintegrasi antara LRT dan Transjakarta. Menurut Direktur Utama PT LRT Jakarta, Allan Tandiono, dengan mulai terhubungnya antar moda transportasi ini dapat mempermudah masyarakat dalam menggunakan moda transportasi umum di Jakarta.

“Waktu tempuh Kelapa Gading-Velodrome sendiri 10 menit. Terus jalan di skybridge 5 menit, tunggu bus 5 menit dan target Transjakarta Rawamangun-Dukuh Atas 35 menit, jadi total 55 menit dari Kelapa Gading ke kawasan Sudirman,” jelas Allan

Pada LRT fase I ini terdapat 6 stasiun layang (elevated) yang melayani rute Kelapa Gading-Velodrome, yaitu Pegangsaan Dua, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome. Kemudian rencana lanjutan proyek LRT Jakarta fase II yang menghubungkan Velodrome ke Dukuh Atas masih di proses lebih lanjut.

Jika pembangan fase II LRT Jakarta ini rampung, nantinya untuk perjalanan dari Kelapa Gading ke Sudirman hanya memakan waktu 30 menit saja. Namun ini masih diperlukan beberapa proses terkait pembangunannya.

“Kelapa Gading-Sudirman itu 30 menit nanti kalau tersambung. Rencana fase dua dari Velodrome ke Dukuh Atas itu 17,3 km. Sekarang kita sedang studi kelayakan.” kata Allan