Hari Ini Tol Trans Jawa Terhubung Keseluruhan

20/12/2018

Highway

Jakarta – Pembangunan ruas tol Trans Jawa telah memasuki tahapan akhir, dimana ruas Tol Merak hingga Grati kini sudah tersambung dan dapat mulai digunakan pada musim mudik Natal dan Tahun Baru ini. Sebelumnya Tol Trans Jawa ini sudah terhubung dari Merak sampai ke Pemalang di Jawa Tengah, dan pada hari ini (20/12) Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali dijadwalkan akan meresmikan 7 ruas jalan tol mulai dari Batang-Semarang hingga Pasuruan-Grati.

Pagi tadi Presiden Jokowi telah meresmikan 4 ruas tol di wilayah Jawa Timur, yang diantaranya adalah ruas Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Porong-Gempol, dan Pasuruan-Grati dengan total panjang sejauh 59 km. Peresmian ini sendiri dilakukan di ruas Tol Bandar-Kertosono Km 671+500

“Dengan mengucap bismillahirrohmaanirrohim, ruas Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Porong-Gempol, dan Pasuruan-Grati sepanjang 59 kilometer di Provinsi Jawa Timur saya nyatakan resmi dibuka,” jelas Presiden Jokowi

Sementara itu untuk tiga ruas tol lainnya yang berada di wilayah Jawa Tengah yakni ruas Tol Pemalang-Batang seksi 1 dan 2, Tol Batang-Semarang seksi 1 sampai 5 serta Tol Semarang-Solo seksi 4 dan 5 yang menghubungkan wilayah Salatiga dan Kartasura. Peresmian nya sendiri akan dilaksanakan siang ini dan bertempat di Jembatan Kalikuto ruas Tol Batang-Semarang Km 383.

Ketujuh ruas ini akan dapat beroperasi penuh mulai besok pagi (21/12) serta tidak akan dikenakan biaya alias gratis hingga nanti 1 Januari 2019. Untuk rincian tarif dari masing-masing ruas tol nantinya akan disesuaikan serta akan dikaji kembali oleh Kementerian PUPR, Asosiasi Tol Indonesia dan BUJT.

“Mungkin besok sudah dibuka untuk umum,” kata Presiden Jokowi

Selain melakukan peresmian, Presiden Jokowi juga sempat menjajal untuk melalui Tol Trans Jawa, Ia dan rombongan menyusuri ruas tol dari Semarang hingga Surabaya. Presiden Jokowi berharap dengan adanya tol Trans Jawa ini bisa memberikan manfaat besar pada masyarakat serta dapat mempercepat jalur logistik antar daerah.

Dengan demikian masyarakat sudah dapat menggunakan jalan tol untuk menuju ke wilayah Jawa Timur tanpa harus khawatir dengan kemacetan yang sering terjadi di jalur Pantura. Peresmian 7 ruas tol ini pun menjadi bagian terselesaikan nya Tol Trans Jawa, dimana sudah menghubungkan Merak hingga Grati (Jawa Timur).