Layani Libur Nataru, Tol Pekanbaru-Dumai Siap Digunakan

19/12/2019

Highway

Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) direncanakan bakal membuka Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 secara fungsional untuk melayani libur Natal 2019 & Tahun Baru 2020 (Nataru). Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo menyampaikan ruas tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 tersebut telah menjalani proses Uji Laik Fungsi (ULF) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Korlantas Polri dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Proses ULF tersebut telah dilakukan selama 2 hari yakni pada 16-17 Desember 2019 kemarin. Bintang Perbowo mengatakan ruas tol tersebut sudah dapat digunakan secara fungsional berdasarkan Hasil Uji Laik Fungsi yang telah dilakukan tersebut. Hasilnya ruas tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 dengan panjang 9 km tersebut siap difungsionalkan pada akhir tahun.

"Setelah ULF ini kami merencanakan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan fungsional menyambut Arus Mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yaitu mulai tanggal 23 Desember 2019 s/d 2 Januari 2020 mulai pukul 08.00 s/d 16.00 WIB untuk jenis kendaraan Golongan 1 (Non Bus)," kata Bintang

Terkait dengan faktor keamanan, Bintang menyampaikan pihaknya telah mempersiapkan armada pelayanan lalu lintas seperti 2 unit patroli jalan raya, ambulans dan juga kendaraan patroli. Selain itu, telah disiapkan juga kelengkapan keselamatan seperti rambu dan marka jalan.

"Selain kelengkapan keselamatan di jalan tol seperti rambu-rambu dan marka jalan, kami juga telah menyiapkan armada pelayanan lalu lintas seperti 2 unit Patroli Jalan Raya, Ambulans, hingga kendaraan patrol. Sudah kami koordinasikan dengan polres setempat agar dapat menyiagakan personilnya di masing-masing pos tersebut," kata Bintang

Dikarenakan masih bersifat fungsional, Hutama Karya memastikan jalan tol tersebut masih tidak dikenakan biaya. Sampai saat ini, PT Hutama Karya (Persero) telah membangun 469,5 km jalan Tol Trans Sumatera dengan 373 km diantaranya sudah beroperasi penuh. Sedangkan progres tol yang sudah terbangun namun belum beroperasi penuh adalah ruas Sigli-Banda Aceh sepanjang 14 km, dan ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 87,5km.

Sumber: sispro.co.id