Kompleks Jurnalistik Modern Groundbreaking Akhir Tahun, LKBN ANTARA Siap Bangun Gedung Bersejarah

Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (Perum LKBN) ANTARA kabarnya akan membangun sebuah komplek jurnalistik modern di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat setelah menjual gedung yang ditempati sebelumnya yakni Wisma Antara ke PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI pada 19 September 2022.

Pembangunan kompleks tersebut dilakukan sebagai implementasi perpindahan kantor pusat Perum LKBN ANTARA dari Wisma ANTARA ke Kompleks Pasar Baru.

Pasalnya, sebagian besar operasional Perum LKBN ANTARA sebelumnya berada di Wisma Antara yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Pembangunan ini akan ditandai dengan pelaksanaan peletakan batu pertama (ground breaking) yang rencananya akan berlangsung pada 13 Desember 2022, bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-85 Kantor Berita ANTARA.

Kompleks tersebut diharapkan dapat menjadi wajah jurnalisme perjuangan dan komunitas dalam mewarnai perkembangan dunia jurnalistik Indonesia.

Kompleks jurnalistik modern tersebut rencananya akan terdiri dari dua bagian, yaitu gedung bekas Aneta yang sudah tidak beroperasi selama 30 tahun terakhir dan gedung Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) yang selama ini difungsikan sebagai tempat pameran atau apresiasi seni komunitas foto jurnalistik, dan lainnya.

Bekas gedung Aneta nantinya akan direvitalisasi sebagai sebuah ruang redaksi konvergensi yang tak hanya menjadi tempat untuk mendokumentasikan perjalanan bangsa ke publik, namun juga dapat dimanfaatkan menjadi sebuah laboratorium pembelajaran bagi seluruh entitas yang peduli dengan perkembangan jurnalisme Indonesia.

Selain bekas gedung aneta, Adapun revitalisasi gedung GFJA yang nantinya diperkirakan tidak hanya menjadi museum maupun galeri untuk menampilkan hasil karya jurnalistik dan seni. Namun juga dapat menjadi wadah untuk diskusi dan dialog komunitas, baik tentang jurnalisme dan segala tantangannya di masa depan maupun sarana menjembatani lahirnya gagasan atau pemikiran yang akan membawa perbaikan bagi negeri.

Proses revitalisasi gedung bersejarah ANTARA tersebut diharapkan bisa mencerminkan transformasi sebuah kantor berita abad 21. Apalagi, lokasinya yang berada dekat dengan sejumlah simbol sejarah dan budaya di Jakarta, seperti Masjid Istiqlal, Katedral Jakarta, Gedung Kesenian Jakarta dan Kompleks Pos Bloc.

Sebagai informasi, Perum LKBN Antara berdiri pada 13 Desember 1937 oleh empat sekawan yaitu Adam Malik, AM Sipahoetar, Soemanang, dan Pandoe Kartawigoena. Lembaga ini berperan sebagai sarana menyuarakan perlawanan dan perjuangan melawan penjajah.