Kembangkan Wilayah Sukabumi, PUPR Bakal Bangun Tol Cibadak-Pelabuhan Ratu

22/12/2020

Highway

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana akan segera memulai pembangunan akses jalan tol Cibadak-Pelabuhan Ratu sepanjang 34,5 km, pembangunan jalan tol baru di wilayah Sukabumi ini guna mendukung pengembangan berkelanjutan yang akan digarap di wilayah Sukabumi.

Sekretaris Pengatur Jalan Tol, Yongki sebelumnya telah melakukan konsultasi publik bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Zainul S pada Jumat (18/12) kemarin. Ia juga menjelaskan konsultasi publik perlu dilakukan untuk menggali masukan dari berbagai pihak yang diperlukan untuk pengembangan proyek pembangunan Jalan Tol Cibadak-Pelabuhan Ratu yang akan dimulai pada Desember 2020 nanti.

"Jalan tol yang direncanakan sepanjang 34,5 Km ini bisa mengkoneksikan wilayah selatan. Termasuk membuka akses ke Geopark (Ciletuh, Sukabumi),"sebutnya

Pembangunan jalan tol tersebut ditujukan untuk memperlancar akses distribusi barang dan jasa, sehingga dapat mempengaruhi penurunan biaya logistik. keberadan Jalan Tol Cibadak-Pelabuhan Ratu diprediksi bisa membantu pengembangan Kabupaten Sukabumi.

"Selain itu juga untuk mendukung pengembangan potensi ekonomi di kawasan Sukabumi yang selama ini terhambat akibat keterbatasan aksesibilitas,"jelas Yongki

Sumber: sispro.co.id